Show simple item record

dc.contributor.authorAYU, Indah Kusuma Ning
dc.date.accessioned2022-06-27T08:29:44Z
dc.date.available2022-06-27T08:29:44Z
dc.date.issued2021-07-02
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107532
dc.description.abstractMunculnya revolusi industri 4.0 memberikan dampak pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Pada era revolusi 4.0 semua bidang kehidupan diarahkan pada teknologi digital, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk memanfaatkan teknologi alam kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain, guru atau pendidik harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam aktivitas pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan peraturan menteri pendidikan nomor 16 tahun 2007 yang kompetensi dibidang teknologi informasi dan komunikasi harus dikuasai oleh guru. Guru kelas IV di SDN Pace 03 Jember jarang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, hal tersebut membuat kegiatan pembelajaran menjadi monoton dan masih tradisional. Blended learning berbantuan quizizz diterapkan dalam tema Indahnya Keberagaman di Negeriku untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penerapan blended learning berbasis quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema indahnya keberagaman negeriku di SDN Pace 3 Jember?”. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan pola pretestposttest control group design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Untuk menentukan kelas kontrol dan eksperimen, dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui subyek penelitian bersifat homogen atau tidak. Data yang digunakan untuk uji homogenitas adalah Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS) kelas IVA dan IVB SDN Pace 3 Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Setelah dilakukan uji homogenitas dan hasilnya homogen, maka selanjutnya penentuan kelas kontrol dan kelas ekperimen dengan teknik undian. Hasil yang diperoleh dari teknik undian, kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung 4,036. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel, diketahui df = 38 pada taraf signifikansi 5% diperoleh skor ttabel = 2,024. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4,036 > 2,024 Ha diterima, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari penerapan blended learning berbasis quizizz. Hasil penghitungan uji keefektifan diperoleh hasil sebesar 55,1% dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan pendekatan blended learning berbasis quizizz menunjukkan 55,1% lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran secara konvensional pada pembelajaran tema Indahnya Keberagaman Negeriku. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan blended learning berbantuan quizizz terhadap hasil belajar kelas IV tema Indahnya Keberagaman Negeriku di SDN Pce 3 Jember. Saran dalam penelitian ini bagi pihak sekolah yaitu melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam penerapan blended learning berbantuan quizizz untuk meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran, bagi peneliti lain diharapkan melaksanakan penelitian lebih lanjut yang sejenis dengan tema yang berbeda.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dra. Yayuk Mardiati, M.A. Dosen Pembimbing II : Fitria Kurniasih, S.TP., M.Aen_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBLENDED LEARNINGen_US
dc.subjectQUIZIZZen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keberagaman Negeriku di SDN Pace 3 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record