• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keberagaman Negeriku di SDN Pace 3 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    INDAH KUSUMA NING AYU - 170210204072.pdf (4.488Mb)
    Date
    2021-07-02
    Author
    AYU, Indah Kusuma Ning
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Munculnya revolusi industri 4.0 memberikan dampak pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Pada era revolusi 4.0 semua bidang kehidupan diarahkan pada teknologi digital, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk memanfaatkan teknologi alam kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain, guru atau pendidik harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam aktivitas pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan peraturan menteri pendidikan nomor 16 tahun 2007 yang kompetensi dibidang teknologi informasi dan komunikasi harus dikuasai oleh guru. Guru kelas IV di SDN Pace 03 Jember jarang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, hal tersebut membuat kegiatan pembelajaran menjadi monoton dan masih tradisional. Blended learning berbantuan quizizz diterapkan dalam tema Indahnya Keberagaman di Negeriku untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penerapan blended learning berbasis quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema indahnya keberagaman negeriku di SDN Pace 3 Jember?”. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan pola pretestposttest control group design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Untuk menentukan kelas kontrol dan eksperimen, dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui subyek penelitian bersifat homogen atau tidak. Data yang digunakan untuk uji homogenitas adalah Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS) kelas IVA dan IVB SDN Pace 3 Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Setelah dilakukan uji homogenitas dan hasilnya homogen, maka selanjutnya penentuan kelas kontrol dan kelas ekperimen dengan teknik undian. Hasil yang diperoleh dari teknik undian, kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung 4,036. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel, diketahui df = 38 pada taraf signifikansi 5% diperoleh skor ttabel = 2,024. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4,036 > 2,024 Ha diterima, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari penerapan blended learning berbasis quizizz. Hasil penghitungan uji keefektifan diperoleh hasil sebesar 55,1% dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan pendekatan blended learning berbasis quizizz menunjukkan 55,1% lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran secara konvensional pada pembelajaran tema Indahnya Keberagaman Negeriku. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan blended learning berbantuan quizizz terhadap hasil belajar kelas IV tema Indahnya Keberagaman Negeriku di SDN Pce 3 Jember. Saran dalam penelitian ini bagi pihak sekolah yaitu melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam penerapan blended learning berbantuan quizizz untuk meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran, bagi peneliti lain diharapkan melaksanakan penelitian lebih lanjut yang sejenis dengan tema yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107532
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository