Show simple item record

dc.contributor.authorMAHMUDAH, Khoirotul
dc.date.accessioned2022-06-27T08:28:43Z
dc.date.available2022-06-27T08:28:43Z
dc.date.issued2021-07-21
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107523
dc.description.abstractSistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dikarenakan munculnya pandemi Covid-19. Mendikbud menghimbau agar semua satuan pendidikan dibawah Kemendikbud untuk menunda penyelenggaraan acara dan menggantikannya dengan video konferens. Untuk daerah yang telah terdampak Covid-19 diberlakukan pembelajaran dari rumah secara daring. Pelaksanaan pembelajaran secara daring tidak dapat menghentikan kegiatan bimbingan dalam dunia pendidikan, dimana keberhasilan proses bimbingan salah satunya dapat dilihat dari prestasi belajar peserta didik. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar diantaranya yaitu kebiasaan belajar dan motivasi belajar. Kebiasaan belajar dalam penelitian ini merupakan kegiatan belajar siswa diluar jam pembelajaran daring, sedangkan motivasi belajar merupakan perilaku, perasaan dan kondisi siswa saat mengikuti pembelajaran daring. Pada penelitian ini dipilih prestasi belajar matematika, dikarenakan matematika merupakan mata pelajaran yang mayoritas dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis hubungan kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring secara parsial dan simultan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar validasi. Keseluruhan instrumen telah divalidasi oleh validator dan dinyatakan valid. Jumlah populasi adalah 185 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan rumus Slovin sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 123 siswa kelas VII SMPN 1 Tempursari yang terdiri dari 21 siswa kelas VII-A, 20 siswa kelas VII-B, 21 siswa kelas VII-C, 20 siswa kelas VII-D, 21 siswa kelas VII-E, dan 20 siswa kelas VII-F. Pengujian butir instrumen angket dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 60 siswa kelas VIII sebagai responden diluar subjek penelitian, dan setelah dilakukan pengolahan data didapatkan bahwa instrumen angket yang dinyatakan valid dan reliabel adalah 23 butir pernyataan kebiasaan belajar dan 41 butir pernyataan motivasi belajar. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan penyebaran angket yang telah valid dan reliabel kepada kelas yang menjadi sampel penelitian, kemudian meminta data nilai prestasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Uji asumsi klasik pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji Korelasi Product Moment Pearson, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matamatika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Korelasi Pearson sebesar (+) 0.495 dan nilai Sig. 0.000 < 0.05. Hubungan keduanya berkorelasi sedang; terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matamatika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Korelasi Pearson sebesar (+) 0.523 dan nilai Sig. 0.000 < 0.05. Hubungan keduanya berkorelasi kuat; terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matamatika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Korelasi Pearson sebesar (+) 0.554 dan nilai Sig. 0.000 < 0.05. Hubungan keduanya berkorelasi kuat. Kontribusi kebiasaan belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika sebesar 30.7%, sedangkan 69.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dr.Didik Sugeng Pambudi, M.S. Dosen Pembimbing II : Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBelajaren_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titleHubungan antara Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP selama Pembelajaran Daringen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record