• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan antara Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP selama Pembelajaran Daring

    Thumbnail
    View/Open
    KHOIROTUL MAHMUDAH - 170210101026.pdf (3.878Mb)
    Date
    2021-07-21
    Author
    MAHMUDAH, Khoirotul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dikarenakan munculnya pandemi Covid-19. Mendikbud menghimbau agar semua satuan pendidikan dibawah Kemendikbud untuk menunda penyelenggaraan acara dan menggantikannya dengan video konferens. Untuk daerah yang telah terdampak Covid-19 diberlakukan pembelajaran dari rumah secara daring. Pelaksanaan pembelajaran secara daring tidak dapat menghentikan kegiatan bimbingan dalam dunia pendidikan, dimana keberhasilan proses bimbingan salah satunya dapat dilihat dari prestasi belajar peserta didik. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar diantaranya yaitu kebiasaan belajar dan motivasi belajar. Kebiasaan belajar dalam penelitian ini merupakan kegiatan belajar siswa diluar jam pembelajaran daring, sedangkan motivasi belajar merupakan perilaku, perasaan dan kondisi siswa saat mengikuti pembelajaran daring. Pada penelitian ini dipilih prestasi belajar matematika, dikarenakan matematika merupakan mata pelajaran yang mayoritas dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis hubungan kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring secara parsial dan simultan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar validasi. Keseluruhan instrumen telah divalidasi oleh validator dan dinyatakan valid. Jumlah populasi adalah 185 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan rumus Slovin sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 123 siswa kelas VII SMPN 1 Tempursari yang terdiri dari 21 siswa kelas VII-A, 20 siswa kelas VII-B, 21 siswa kelas VII-C, 20 siswa kelas VII-D, 21 siswa kelas VII-E, dan 20 siswa kelas VII-F. Pengujian butir instrumen angket dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 60 siswa kelas VIII sebagai responden diluar subjek penelitian, dan setelah dilakukan pengolahan data didapatkan bahwa instrumen angket yang dinyatakan valid dan reliabel adalah 23 butir pernyataan kebiasaan belajar dan 41 butir pernyataan motivasi belajar. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan penyebaran angket yang telah valid dan reliabel kepada kelas yang menjadi sampel penelitian, kemudian meminta data nilai prestasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Uji asumsi klasik pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji Korelasi Product Moment Pearson, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matamatika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Korelasi Pearson sebesar (+) 0.495 dan nilai Sig. 0.000 < 0.05. Hubungan keduanya berkorelasi sedang; terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matamatika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Korelasi Pearson sebesar (+) 0.523 dan nilai Sig. 0.000 < 0.05. Hubungan keduanya berkorelasi kuat; terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matamatika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Korelasi Pearson sebesar (+) 0.554 dan nilai Sig. 0.000 < 0.05. Hubungan keduanya berkorelasi kuat. Kontribusi kebiasaan belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika sebesar 30.7%, sedangkan 69.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107523
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository