Show simple item record

dc.contributor.authorKURNIAWAN, Kevin
dc.date.accessioned2022-06-27T08:28:36Z
dc.date.available2022-06-27T08:28:36Z
dc.date.issued2021-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107522
dc.description.abstractLelang online merupakan pemanfaatkan dari Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam bidang bisnis. Hadirnya lelang online mampu menjangkau lebih banyak peserta lelang dan biaya administrasi lebih rendah dibandingkan lelang konvensional. Di dalam lelang menjual berbagai jenis barang salah satunya ponsel bekas. Ponsel bekas yang tidak terpakai beresiko meningkatkan jumlah sampah elektronik, maka diperlukan sebuah wadah yang dapat menampung ponsel bekas agar dapat dijual kembali bagi yang membutuhkan salah satunya dengan menggunakan konsep lelang online tersebut. Dalam pelaksanaan lelang online tentu terdapat masalah informasi yang diperlukan oleh pengguna lelang tersebut. Masalah tersebut baik berupa informasi seputar lelang atau informasi pengiriman atau informasi harga pasaran ponsel bekas. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan chatbot, pertanyaan yang sering diajukan pengguna secara berulang dapat dijawab menggunakan bantuan AI yaitu chatbot. Chatbot dapat menjawab pertanyaan yang diberikan sehingga dapat mengurangi beban kerja dari petugas layanan pelanggan. Selain itu chatbot memiliki keunggulan lain yaitu dapat menjawab secara responsif dan selalu tersedia setiap saat. Chatbot yang telah dibuat untuk menjawab pertanyaan pengguna harus dilatih terlebih dahulu agar dapat menjawab secara tepat. Chatbot mampu menganalisa percakapan pengguna dan dianalisa secara semantik atau disebut sebagai NLU (Natural Language Understanding). Dalam chatbot NLU terdapat data latih yang dapat mengekstrasi entitas dan memudahkan untuk klasifikasi intent. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sistem lelang yang bekerja sesuai dengan fungsinya serta chatbot yang dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan baik dan benar.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Nelly Oktavia A., S.Si, MT Dosen Pembimbing Pendamping : Gayatri Dwi Santika, S. SI., M.Komen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Sistem Informasi dan Ilmu Komputeren_US
dc.subjectPonselen_US
dc.subjectFitur Chatboten_US
dc.subjectNatural Language Understanding (NLU)en_US
dc.subjectSistem Lelangen_US
dc.titlePerancangan dan Implementasi Sistem Lelang Penjualan Ponsel dan Fitur Chatbot Layanan Pelanggan Menggunakan Natural Language Understanding (NLU)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record