dc.contributor.author | KURNIAWAN, Kevin | |
dc.date.accessioned | 2022-06-27T08:28:36Z | |
dc.date.available | 2022-06-27T08:28:36Z | |
dc.date.issued | 2021-07-27 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107522 | |
dc.description.abstract | Lelang online merupakan pemanfaatkan dari Teknologi Informasi
Komunikasi (TIK) dalam bidang bisnis. Hadirnya lelang online mampu
menjangkau lebih banyak peserta lelang dan biaya administrasi lebih rendah
dibandingkan lelang konvensional. Di dalam lelang menjual berbagai jenis barang
salah satunya ponsel bekas. Ponsel bekas yang tidak terpakai beresiko
meningkatkan jumlah sampah elektronik, maka diperlukan sebuah wadah yang
dapat menampung ponsel bekas agar dapat dijual kembali bagi yang
membutuhkan salah satunya dengan menggunakan konsep lelang online tersebut.
Dalam pelaksanaan lelang online tentu terdapat masalah informasi yang
diperlukan oleh pengguna lelang tersebut. Masalah tersebut baik berupa informasi
seputar lelang atau informasi pengiriman atau informasi harga pasaran ponsel
bekas. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan chatbot,
pertanyaan yang sering diajukan pengguna secara berulang dapat dijawab
menggunakan bantuan AI yaitu chatbot. Chatbot dapat menjawab pertanyaan
yang diberikan sehingga dapat mengurangi beban kerja dari petugas layanan
pelanggan. Selain itu chatbot memiliki keunggulan lain yaitu dapat menjawab
secara responsif dan selalu tersedia setiap saat.
Chatbot yang telah dibuat untuk menjawab pertanyaan pengguna harus
dilatih terlebih dahulu agar dapat menjawab secara tepat. Chatbot mampu
menganalisa percakapan pengguna dan dianalisa secara semantik atau disebut
sebagai NLU (Natural Language Understanding). Dalam chatbot NLU terdapat
data latih yang dapat mengekstrasi entitas dan memudahkan untuk klasifikasi
intent. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sistem lelang yang bekerja
sesuai dengan fungsinya serta chatbot yang dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan baik dan benar. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Nelly Oktavia A., S.Si, MT
Dosen Pembimbing Pendamping : Gayatri Dwi Santika, S. SI., M.Kom | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Sistem Informasi dan Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | Ponsel | en_US |
dc.subject | Fitur Chatbot | en_US |
dc.subject | Natural Language Understanding (NLU) | en_US |
dc.subject | Sistem Lelang | en_US |
dc.title | Perancangan dan Implementasi Sistem Lelang Penjualan Ponsel dan Fitur Chatbot Layanan Pelanggan Menggunakan Natural Language Understanding (NLU) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |