Evaluasi User Experience dan Perbaikan Desain Aplikasi Banyuwangitourism Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire dengan Pendekatan User Centered Design
Abstract
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi merupakan
pengelola sistem aplikasi Banyuwangitourism. Aplikasi Banyuwangioturism
merupakan aplikasi yang memuat segala informasi yang berkaitan dengan
pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Banyak fitur yang dapat dinikmati oleh
pengguna pada aplikasi Banyuwangitourism yaitu mencari informasi destinasi
wisata, mencari informasi tempat kuliner, mencari informasi festival, pembelian
tiket masuk destinasi wisata dan paket wisata, informasi sarana angkutan, informasi
atraksi, berita tentang covid-19 dan radio blambangan. Namun setelah dilakukan
observasi aplikasi dan survei terhadap pengguna, banyak pengguna mengeluhkan
berbagai permasalahan yaitu kesulitan dalam mencari tiket wisata, kesulitan dalam
mencari informasi secara detail pada setiap destinasi wisata, warna tulisan kepala
judul pada setiap menu tidak terlihat, menu festival yang tidak dapat menampilkan
jadwal festival, kuantitas gambar pada setiap informasi destinasi wisata terlalu
minim, tidak terdapat fitur tombol kembali ketika mencoba fitur pembelian tiket,
tidak menemukan informasi secara lebih detail pada setiap tempat kuliner maupun
penginapan. Melihat dari seluruh permasalahan di atas, sangat perlu dilakukan
evaluasi terhadap aplikasi Banyuwangutourism dengan menggunakan metode
usability testing dan user experience questionnaire dengan pendekatan user
centered design. User centered design dapat digunakan sebagai pendekatan
penelitian dalam melakukan proses perbaikan desain aplikasi berdasarkan
perspektif pengguna dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas user experience
menjadi lebih baik menurut pengguna sehingga pengalaman dan kepuasan
pengguna terhadap aplikasi Banyuwangitourism semakin meningkat