Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Donat-Roti Ciliwung
Abstract
Usaha food and beverages (F&B) merupakan salah satu jenis usaha yang
seringkali mampu bertahan di situasi krisis. Namun, pada masa pandemi COVID19 terdapat aturan-aturan baru yang diberlakukan di masyarakat sehingga
perusahaan F&B perlu mengadaptasi strategi baru utamanya berkaitan dengan
kepuasan konsumennya. Melansir data Badan Pusat Statistik dinyatakan bahwa
ekonomi Indonesia selama pandemi COVID-19 pada triwulan II-2020 mengalami
kontraksi. Hal ini sejalan dengan kondisi penurunan volume penjualan usaha
Donat-Roti Ciliwung. Selain itu, juga ditemukan beberapa permasalahan yang
berkaitan dengan kualitas produk, kualitas layanan, dan harga sehingga
dikhawatirkan mempengaruhi kepuasan konsumennya. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan
harga terhadap kepuasan konsumen Donat-Roti Ciliwung.
Jenis penelitian ini merupakan explanatory research. Populasi penelitian ini
adalah konsumen Donat-Roti Ciliwung. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan teknik non-probability sampling melalui pendekatan purposive
sampling dengan jumlah sampel diperoleh sebanyak 105 responden. Jenis data
dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang kemudian dikuantitatifkan dengan
perhitungan statistik. Sumber data berasal dari data primer yang disebar melalui
kuesioner berupa google form dan data sekunder. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Donat-Roti
Ciliwung. Selanjutnya, kualitas layanan memiliki pengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap kepuasan konsumen Donat-Roti Ciliwung.