Konsep Green Campus dalam Perencanaan Infrastruktur Transportasi Berbasis Analisis Spasial (Studi Kasus: Universitas Jember Kampus Tegal Boto)
Abstract
Konsep green campus merupakan salah satu strategi dari Kementerian
Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk mewujudkan kampus yang
ramah terhadap lingkungan. Dalam konsep green campus kondisi transportasi di
lingkungan kampus adalah salah satu hal yang diperhatikan. Universitas Jember
Kampus Tegal Boto termasuk kedalam lembaga perguruan tinggi yang sedang
berproses dalam menerapkan konsep green campus. Menurut penilaian yang
dilakukan oleh UI GreenMetric pada tahun 2018 Universitas Jember termasuk
kedalam 50 kampus ter-hijau di Indonesia.
Dalam mendukung perwujudan penerapan konsep green campus di Universitas
Jember Kampus Tegal Boto diperlukan kajian khususnya mengenai perencanaan
infrastruktur transportasi yang mendukung konsep transportasi yang ramah
lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan campuran antara
kualitatif dan kuantitatif. Tahapan analisis terdiri dari analisis kondisi infrastruktur
transportasi menggunakan teknis spasial, analisis perilaku berkendara
menggunakan regresi linier berganda, dan analisis SWOT dan IFAS EFAS untuk
memberikan sumbangsi arahan dalam perencanaan infrastruktur transportasi guna
mendukung perwujudan green campus.
Berdasarkan hasil analisis kondisi infrastruktur transportasi yang ditinjau dari
kondisi teknis jalan dan kelengkapan fasilitas di Universitas Jember Kampus Tegal
Boto terbagi kedalam tiga klasifikasi yaitu baik, sedang buruk. Ruas jalan yang
tergolong klasifikasi baik terdiri dari ruas jalan A, B, C, D, J, L, N, dan R. Ruas
jalan yang tergolong klasifikasi sedang terdiri dari ruas jalan E, F, G, H, K, M, O,
P, Q, dan S, serta ruas jalan yang tergolong klasifikasi buruk adalah ruas jalan I.
Analisis perilaku berkendara dengan metode regresi liner menghasilkan bahwa
faktor pengetahuan, sikap, persepsi, dan kebijakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku berkendara warga Universitas Jember Kampus Tegal
Boto. Dengan nilai koefisien korelasi pengetahuan adalah 1,275, koefisien korelasi
sikap 1,012, koefisien persepsi 0,066 dan nilai koefisien kebijakan adalah 0,332.
Berdasarkan hasil kedua analisis tersebut menjadi bahan analisis guna perencanaan
infrastruktur transportasi guna mendukung konsep green campus di Universitas
Jember Kampus Tegal Boto. Dari hasil analisis SWOT dan IFAS EFAS strategi
dalam perencanaan infrastruktur transportasi di Universitas Jember Kampus Tegal
Boto termasuk kedalam kuadran I. Kuadaran I memiliki arti bahwa strategi bersifat
agresif yaitu dengan memanfaatkan kekuatan untuk menangkap peluang yang ada.
Arahan rekomendasi yang dihasilkan dalam perencanaan infrastruktur transportasi
untuk mendukung konsep green campus di Universitas Jember Kampus Tegal Boto
adalah (1) peningkatan sosialisasi dan edukasi penerapan green campus khususnya
pada bidang transportasi, (2) revitalisasi kondisi infrastruktur transportasi, (3)
Program penyediaan infrastruktur transportasi dan moda transportasi guna
mendukung penerapan konsep green campus, dan (4) pembuatan masterplan green
campus di Universitas Jember. Diperlukan pengembangan jalur trotoar, jalur
khusus sepeda, tempat parkir, jalur khusus bus kampus, dan pos – pos yang
berfungsi melakukan verifikasi kendaraan bermotor serta penggunaan moda
transportasi yang lebih ramah lingkungan seperti sepeda, dan bus keliling kampus.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]