• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi SMA Kelas X Berbasis Pengetahuan Etnobotani Masyarakat Jawa, Madura, dan Pendalungan di Kabupaten Jember untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    ALFIRA FIDRIYATUR RACHMA - 170210103079.pdf (8.887Mb)
    Date
    2021-07-27
    Author
    RACHMA, Alfira Fidriyatur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sumber belajar memiliki peran penting dalam pembelajaran yang berfungsi sebagai dasar dalam pembelajaran. Lingkungan disekitarnya juga dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan rasa ingin tahu mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Sumber belajar yang menarik akan meningkatkan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran, dengan demikian antusiasme yang tinggi dapat mempermudah dalam pemahaman. Pengembangan modul merupakan salah satu pendukung dalam penerapan kurikulum 2013 yang menekankan pada aktivitas siswa. Modul dapat mengandung pengetahuan lokal yang diterapkan oleh masyarakat salah satunya pengetahuan etnobotani. Etnobotani merupakan ilmu yang mempelajari keterkaitan antara manusia dengan tumbuhan. Pemanfaatan tumbuhan dilatarbelakangi adanya pengetahuan masyarakat dalam mengenal tumbuhan disekitarnya. Indonesia disebut sebagai negara multikultural ialah negara yang mempunyai keragaman budaya, ras, suku, maupun agama. Jember merupakan salah satu daerah yang memiliki budaya dan kesenian. Masyarakatnya terdiri atas suku Jawa, Madura dan Pendalungan. Masyarakat selalu menggunakan tumbuhan untuk kegiatan kebudayaannya. Pemanfaatan tumbuhan dalam kegiatan tersebut menunjukkan bahwa tumbuhan dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya. Penerapan pengetahuan etnobotani agar tidak hilang dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan tersebut kepada siswa di sekolah. Siswa perlu mempelajari pengetahuan lokal mengenai etnobotani di sekolah. Pengetahuan etnobotani dapat disisipkan pada pelajaran biologi kelas X pada pokok bahasan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran biologi SMA kelas X berbasis pengetahuan etnobotani masyarakat Jawa, Madura, dan Pendalungan pada pokok bahasan tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata validasi ahli terhadap modul berbasis pengetahuan etnobotani masyarakat Jawa, Madura, dan Pendalungan di Kabupaten Jember adalah sebesar 3,96 dengan persentase 84,84% yang merupakan kategori valid sedangkan ratarata validasi pengguna sebesar 4,62 dengan persentase 92,43% yang merupakan kategori sangat valid sehingga modul dapat digunakan dalam uji coba skala kecil. Hasil uji coba skala kecil berupa uji keterbacaan sebesar 0,79 dengan persentase 80% yang merupakan kategori independen artinya siswa mampu memahami wacana dengan mudah secara mandiri, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap uji coba skala besar. Hasil uji coba skala besar meliputi respon siswa dan pretest posttest. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa rata-rata persentase keseluruhan sebesar 93,99% yang merupakan kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul dengan kriteria sangat layak dapat digunakan saat kegiatan pembelajaran sehingga telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pretest posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 59,43 dan rata-rata nilai posttest sebesar 89,29 dengan selisih antara posttest dan pretest sebesar 29,86. Rata-rata normalized gain sebesar 0,73 dan peningkatannya merupakan kategori tinggi. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa dapat memahami materi dalam modul dengan mudah dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga telah memenuhi kriteria keefektifan karena adanya pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107414
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15544]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository