• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMAHAMAN GURU BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN JEMBER TERHADAP PENILAIAN PORTOFOLIO (PORTFOLIO ASSESSMENT) YANG MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Salun Nafiah_1.pdf (204.3Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Salun Nafiah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Portofolio merupakan kumpulan tugas atau pekerjaan seseorang, catatan tentang seseorang yang didokumentasikan secara teratur dan sistematis. Keberhasilan pelaksanaan penilaian portofolio sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mempersepsikan, menerapkan dan mengaktualisasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran. Kemampuan guru dalam mempersepsikan penilaian portofolio tersebut terutama berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman guru SMA Negeri di Kabupaten Jember tentang penilaian portofolio (Portfolio Assessment) kaitannya dengan pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa, permasalahan yang dihadapi guru biologi dalam pelaksanaan penilaian portofolio (Portfolio Assessment) serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan penilaian portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap penilaian portofolio yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dan pemasalahan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan penilaian portofolio serta upaya untuk mengatasinya. Penelitian ini berupa penelitian survei, dimana dalam survei informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu mencari persentase dan menyajikan dalam bentuk tabel-tabel dan histogram. Dari data tersebut diatas, dapat diketahui pemahaman guru biologi terhadap penilaian portofolio yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis bahwa persentase 4,6% dengan rata-rata 0,9 bahwa guru sangat memahami penilaian portofolio yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis, persentase tersebut vii dikategorikan tidak baik, artinya dalam memahami penilaian portofolio yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis masih kurang dalam kriteria guru sangat memahami penilaian portofolio yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Kemudian persentase 60,8% dengan rata-rata 12,1 (kriteria memahami) dikategorikan cukup baik guru memahami penilaian portofolio yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Persentase 22,3% dengan rata-rata 4,5 berada pada kriteria kurang memahami, artinya guru tersebut kurang begitu memahami penilaian portofolio yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Persentase 12,3 dengan rata-rata 2,5 berada pada kriteria tidak memahami, dimana pada persentase tersebut guru tidak memahami penilaian portofolio yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Permasalahan yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian portofolio terdiri dari kesulitan menentukan jenis portofolio yang akan dikembangkan, kesulitan memilih kategori-kategori pekerjaan yang akan dimasukkan dalam portofolio, kesulitan mengembangkan rubrik untuk menyekor pekerjaan siswa dan rata-rata, kesulitan nilai akhir portofolio, kesulitan dalam pengaturan portofolio, guru kesulitan dalam memahami penilaian portofolio dan persentase tertinggi 82,5% yaitu kurangnya fasilitas yang mendukung dalam pelaksanaan penilaian portofolio dalam kegiatan belajar mengajar merupakan permasalahan yang terbanyak yang dihadapi guru tersebut. Dari permasalahan tersebut upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam penilaian portofolio diatas adalah sebanyak 2 responden yaitu guru mencoba mencari referensi untuk lebih memahami penilaian portofolio. Sebanyak 13 responden mengatasi masalah tersebut adalah dengan menambah fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan penilaian. Hal lain untuk mengatasi permasalahan sebanyak 5 responden yaitu guru melakukan diskusi dengan sesama guru biologi misalnya dengan MGMP, workshop sehingga nantinya guru dapat menemukan solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pelaksanaan penilaian portofolio.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10728
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository