Show simple item record

dc.contributor.authorSASMITOAJI, Bambang
dc.date.accessioned2022-06-24T07:05:50Z
dc.date.available2022-06-24T07:05:50Z
dc.date.issued2020-05-11
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107273
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Arini Sulistyoningrum Finalisasi unggah file repositori tanggal 24 Juni 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPersepsi Pengguna BPJS Kesehatan PBI Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Mayang (Studi Deskriptif Pasien Rawat Inap Puskesmas Mayang, Kabupaten Jember)”. Bambang Sasmitoaji, 140910301030, 74 halaman; Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember. Kemiskinan dalam arti kebutuhan sosial dapat dipahami sebagai situasi kelangkaan pelayanan sosial dan rendahnya aksesbilitas lembaga-lembaga pelayanan sosial seperti lembaga pendidikan, informasi, dan kesehatan. BPJS Kesehatan PBI adalah Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iuranya dibayari pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan. Dalam penyelenggaraan program BPJS Kesehatan PBI ini, puskesmas merupakan lembaga pelayanan kesehatan yang mempunyai fungsi utama sebagai FKTP (Fasiltas Kesehatan Tingkat Pertama) yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan bersifat penyembuhan dan pemulihan bagi masyarakat diwilayah kerjanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan yang berada di puskesmas Mayang Kabupaten Jember berdasarkan persepsi pengguna BPJS Kesehatan PBI yang menjalani perawatan rawat inap. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi, display data, dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam dimensi kualitas pelayanan kesehatan yang meliputi reliability, efesiensi, tangible, emphaty, dan responsiveness terdapat tiga komponen yang dapat dijadikan dasar untuk menilai kualitas pelayanan Puskesmas Mayang menurut persepsi masyarakat peserta BPJS Kesehatan PBI, yaitu pelayanan medis, pelayanan administrasi, sarana dan prasarana. 1) Pelayanan medis yang diberikan puskesmas cukup baik, mendapatkan perhatian langsung dari tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat. 2) Pelayanan administrasi menurut pasien cukup baik juga karena pelayanan yang diberikan tidak berbelit-belit. Dari pasien datang menuju loket pendaftaran pasien, hingga pemberian pelayanan untuk berobat, sampai mereka pulang, 3) Sarana prasarana yang diberikan di ruang rawat inap sudah nyaman, bersih, tenang dan tidak rame. Tapi masih ada beberapa fasilitas yang tidak tersedia yaitu ruang THT dan layanan untuk tes darah masih mendatangkan tenaga dari luar Puskesmas.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Hadi Prayitno, M.Kes (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectKualitas Pelayanan Kesehatanen_US
dc.titlePersepsi Pengguna BPJS Kesehatan Pbi Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Mayangen_US
dc.title.alternativeThe Perceptions of Bpjs Kesehatan Pbi Users On Health Care Service Quality in Mayang Public Health Centeren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record