• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Hasil Belajar Kognitif Pada Pemahaman Konsep Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMA Mumbulsari Jember Kelas XII pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah

    Thumbnail
    View/Open
    DODOD DWI LAKSONO - 140210102057.pdf (1.104Mb)
    Date
    2021-01
    Author
    LAKSONO, Dodod Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajaran fisika bukanlah pelajaran hafalan melainkan lebih menuntut pemahaman konsep bukan aplikasi konsep tersebut. Pemahaman konsep fisika diperlukan untuk dapat memecahkan seluruh permasalahan fisika baik permasalahan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bentuk soal. Rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam belajar fisika dikarenakan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah mata pelajaran fisika banyak menggunakan rumus-rumus untuk menyelesaikan soal atau permasalahan, dan peranan guru dalam menyampaikan materi fisika kepada siswa. Keuntungan dalam mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat menyesuaikan karakteristik siswa terhadap bagaimana mengajarkan materi yang akan diterima oleh siswa dalam pembelajaran. Selain itu, dengan siswa mengerti gaya belajarnya masing-masing maka siswa akan mudah memberikan perilaku belajarnya agar materi yang dipelajari lebih cepat diterima dengan baik. Analisis untuk mendapatkan fakta gaya belajar bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi siswa yang membutuhkan bantuan dalam banyak curahan pada pertemuan pembelajaran, yang akhirnya akan meningkatkan kesuksesan dalam pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menkaji gaya belajar siswa SMA kelas XII, mengkaji hasil belajar kognitif aspek pemahaman siswa SMA kelas XII pada pokok bahasan rangkaian arus searah, mengkaji hasil belajar kognitif aspek pemahaman berdasarkan gaya belajar siswa SMA kelas XII. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini, maka bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar kognitif aspek pemahaman berdasarkan gaya belajar siswa SMA kelas XII. Lokasi penelitian adalah kelas XII SMA Mumbulsari, yang berada di Jalan Karang Sirih, Suco, Mumbulsari, Kabupaten Jember. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Mumbulsari semester I. Penentuan subjek penelitian diambil dengan cara melihat hasil karakteristik gaya belajar yang telah dianalisis. Peneliti mempertimbangkan penentuan subjek penelitian dengan berbagai alasan yaitu subjek penelitian adalah subjek yang benar-benar visual saja, auditorial saja dan kinestetik saja. Berdasarkan angket gaya belajar, gaya belajar visual memiliki persentase 36,98 % yaitu sebanyak 27 siswa, gaya belajar auditorial 19,17 % yaitu sebanyak 14 siswa, gaya belajar kinestetik 34,24 % yaitu sebanyak 25 siswa, gaya belajar auditorial kinestetik 4,1 % yaitu sebanyak 3 siswa, gaya belajar visual auditorial 1,36 % yaitu sebanyak 1 siswa, dan gaya belajar visual auditorial kinestetik 4,1% yaitu sebanyak 3 siswa. Indikator-indikator pemahaman konsep yang didasarkan pada penelitian ini ada 3 diantaranya indikator translasi, indikator interpretasi, dan indikator ekstrapolasi. Rata-rata hasil persentase pada indikator translasi yang didapatkan dari semua sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 11,59%. Hasil persentase ini jika dikualifikasikan berada pada predikat kurang sekali. Rata-rat hasil persentase yang didapatkan pada indikator interpretasi sebesar 29,53%. Hasil persentase ini jika dikualifikasikan maka berada dalam predikat kurang sekali. Rata-rata hasil persentase yang didapatkan semua sampel penelitian pada indikator ekstrapolasi sebesar 25,05%. Hasil persentase ini jika dikualifikasikan maka berada dalam predikat kurang sekali. Berdasarkan analisis hasil belajar kognitif pada pemahaman konsep berdasarkan gaya belajar belum ada yang memenuhi kategori sangat baik. Pada indikator translasi, subjek visual rata-rata mendapat hasil persentase sebesar 0%. Pada subjek auditorial indikator translasi rata-rata mendapat hasil persentase sebesar 7,14%. Pada subjek kinestetik indikator translasi rata-rata mendapat hasil persentase sebesar 19,55%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107224
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15544]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository