PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR DI SDN TAMANAN 03 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso
tahun pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi
dengan memanfaatkan sumber daya alam masih rendah. Rendahnya hasil belajar
tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang
diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional dan penggunaan alat peraga/ media
jarang sekali digunakan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk
mengatasi permasalahan tersebut adalah pembelajaran kooperatif model examples
non examples dengan media gambar. Rumusan masalah yang muncul adalah
“Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model examples non examples
dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV
dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan
sumber daya alam di SDN Tamanan 03 Bondowoso Tahun pelajaran 2011/2012?”
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 melalui
pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media gambar.
Pengambilan data dilaksanakan di SDN Tamanan 03 Bondowoso, dimulai pada
tanggal 09 Januari 2012 sampai 18 Januari 2012. Subyek penelitian adalah siswa
kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35
siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.
Jenis penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan
setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan metode