Show simple item record

dc.contributor.authorMASTUTI WIDHI WAHYUNI
dc.date.accessioned2013-09-18T03:25:26Z
dc.date.available2013-09-18T03:25:26Z
dc.date.issued2013-09-18
dc.identifier.nimNIM090210204207
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1071
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran IPS di kelas IV di SDN Petung 02 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 masih bersifat konvensional. Akibatnya proses belajar mengajar menjadi tidak kondusif, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa rendah yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; rendahnya minat dan ketertarikan siswa pada pelajaran IPS, kondisi kelas pasif, metode pembelajaran yang digunakan monoton, dan kurangnya penggunaan media ajar. Salah satu inovasi baru untuk memperbaiki hal tersebut yaitu dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat disesuaikan dengan kondisi kelas melalui penerapan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI), sehingga rumusan masalah yang muncul adalah Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Masyarakat dengan menggunakan pendekatan SAVI di SD Negeri Petung 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012? Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Petung 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012 melalui penerapan pendekatan pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). Pengambilan data dilaksanakan di SDN Petung 02 Jember, dimulai pada hari Senin, tanggal 12 September 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Petung 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa, terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam pra siklus, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI), serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS saat penerapan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelktual (SAVI) menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 58,95%, dan pada siklus II mencapai 72,37%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,42% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 45,71%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar siswa menjadi 71,43%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 88,53%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 17,14% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Petung 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diberikan adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan penelitian sejenis sekaligus pengembangannya, selain itu diharapkan guru dan pihak sekolah dapat terus menerapkan pendekatan SAVI sebagai sumbangan pemikiran demi meningkatkan mutu pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204207;
dc.subjectPENDEKATAN SOMATIS AUDIOTORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOMATIS AUDIOTORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) DI SDN PETUNG 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record