PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOMATIS AUDIOTORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) DI SDN PETUNG 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Kegiatan pembelajaran IPS di kelas IV di SDN Petung 02 Bangsalsari
Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 masih bersifat konvensional. Akibatnya
proses belajar mengajar menjadi tidak kondusif, sehingga aktivitas dan hasil
belajar yang dicapai oleh siswa rendah yang dapat disebabkan oleh beberapa
faktor antara lain; rendahnya minat dan ketertarikan siswa pada pelajaran IPS,
kondisi kelas pasif, metode pembelajaran yang digunakan monoton, dan
kurangnya penggunaan media ajar. Salah satu inovasi baru untuk memperbaiki
hal tersebut yaitu dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat disesuaikan
dengan kondisi kelas melalui penerapan pendekatan Somatis Auditori Visual
Intelektual (SAVI), sehingga rumusan masalah yang muncul adalah
Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada
pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Masyarakat dengan
menggunakan pendekatan SAVI di SD Negeri Petung 02 Jember Tahun Pelajaran
2011/2012?
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil
belajar siswa kelas IV SDN Petung 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012 melalui
penerapan pendekatan pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI).
Pengambilan data dilaksanakan di SDN Petung 02 Jember, dimulai pada hari
Senin, tanggal 12 September 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN
Petung 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa, terdiri dari
23 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam pra siklus, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II,
hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses
pembelajaran dengan penerapan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual
(SAVI), serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan.
Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran
IPS saat penerapan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelktual (SAVI)
menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase
aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 58,95%, dan pada
siklus II mencapai 72,37%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif.
Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,42% dari
siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar
siswa secara klasikal adalah 45,71%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan
belajar siswa menjadi 71,43%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 88,53%.
Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 17,14% .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dalam
pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa
kelas IV SDN Petung 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat
diberikan adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi
untuk melakukan penelitian sejenis sekaligus pengembangannya, selain itu
diharapkan guru dan pihak sekolah dapat terus menerapkan pendekatan SAVI
sebagai sumbangan pemikiran demi meningkatkan mutu pendidikan.