Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Melalui Pemahaman Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Masa pandemi Covid-19 ini berdampak dalam berbagai sektor, salah satunya yaitu sektor
pendidikan. Sistem pembelajaran yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka di sekolah, sekarang
digantikan dengan sistem pembelajaran secara online. Hal itu juga menjadi salah satu keluhan wali murid.
Salah satunya di Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, yang mana anak-anak kurang
maksimal saat belajar dirumah. Selain itu, orang tua yang tidak memahami teknologi digital menjadi
kesulitaan saat melakukan pendampingan. Mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ hadir dengan tujuan untuk
memberikan pemahaman Literasi Digital pada orang tua dan anak dalam pembelajaran dirumah. Fokus
utama dalam kegiatan KKN ini yaitu memberikan pehamanan mengenai Literasi Digital pada orang tua dan
siswa. Pelaksanaan program dilakukan dengan 4 tahapan yaitu, Persiapan, Sosialisasi, Edukasi belajar,
Pelatihan, serta Evaluasi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini yaitu pemahaman mengenai Literasi Digital
pada orang tua dan dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa, serta keefektifan dalam kegiatan
belajar dirumah.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]