Pengaruh Penerapan Fase-Fase Pembelajaran Van Hiele Terhadap Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMA
Date
2022-03-01Author
YUDIANTO, Erfan
SUNARDI, Sunardi
SUGIARTI, Titik
SETIAWAN, Toto Bara
MAGHFIROH, Annisatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan fase pembelajaran
van Hiele pada bahasan sifat-sifat segiempat terhadap tingkat berpikir geometri siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalahh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kencong yang kemudian
diambil sampel yaitu kelas XI MIPA 1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2
berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil pengerjaan Van Hiele Geometry Test (VHGT) diambil
sebagai pretest dan posttest yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t melalui bantuan software
SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan penerapan teori van Hiele dibandingkan dengan kelompok siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional (thitung = 2,067 > ttabel = 1,997). Hal tersebut diperkuat
dengan hasil analisis terhadap level berpikir geometri siswa yang menunjukkan bahwa 48,48% siswa pada kelas
eksperimen mengalami peningkatan level berpikir geometri, sedangkan pada kelas kontrol hanya 18,18% yang
mengalami peningkatan level berpikir geometri. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa fasefase pembelajaran van Hiele dapat diterapkan sebagai alternatif metode pembelajaran geometri di dalam kelas
yang secara signifikan berpengaruhh terhadap tingkat berpikir geometri siswa.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]