DIAGNOSIS PROFIL BUDAYA ORGANISASI PUSKESMAS DENGAN PENDEKATAN COMPETING VALUES FRAMEWORK (STUDI PADA PUSKESMAS MANGLI, PUSKESMAS JEMBER KIDUL DAN PUSKESMAS PANTI DI KABUPATEN JEMBER)
Abstract
Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan terdepan bertanggung jawab
dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dengan mutu yang baik dan
dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat. Dalam rangka menjamin masyarakat
terhadap akses pelayanan kesehatan dasar di Peemerintah Daerah yaitu Puskesmas
sesuai dengan ukuran-ukuran yang ditetapkan Pemerintah, maka diterapkannya
Standar Pelayanan Minimal (SPM) (Depkes, 2008). Salah satu SPM kesehatan yang
ditetapkan adalah SPM tingkat kunjungan rawat jalan (visit rate) pada Puskesmas.
Trend visit rate Puskesmas di Kabupaten Jember tahun 2007 sebesar 41,54%, tahun
2008 sebesar 41,01%, tahun 2009 sebesar 46,65% dan tahun 2010 sebesar 48,95%.
Trend tersebut masih belum memenuhi SPM Kabupaten Jember yaitu sebesar 50%
pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2009 dan sebesar 60% pada tahun 2010.
Capaian tingkat kujungan rawat jalan rata-rata di seluruh Puskesmas di Kabupaten
Jember cenderung meningkat dengan tahun 2010. Namun, nilai tersebut masih berada
di bawah SPM Visit Rate (60% pada tahun 2010). Dapat dilihat seberapa besar
masyarakat memanfaatkan Puskesmas adalah salah satunya dari nilai vist rate
(tingkat kunjungan rawat jalan) tersebut. Rendahnya capaian pelayanan dalam hal ini
belum tercapainya SPM visit rate tersebut oleh Puskesmas dapat dipengaruhi oleh
banyak faktor diantaranya adalah faktor pesaing, faktor lingkungan, faktor
masyarakat, dan faktor budaya organisasi (Yuniar, 2007). Dalam hal ini Cameron dan
Quinn (2000) telah mengembangkan suatu kerangka untuk mendiagnosis profil
budaya suatu organisasi yang dinamakan dengan teori ‘Competing Values
Framework’. Oleh karena itu, analisis terhadap profil budaya organisasi Puskesmas
menjadi strategis untuk perencanaan personel, perbaikan kinerja, maupun evaluasi
program kesehatan.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2275]