dc.description.abstract | UD. Lumintu merupakan perusahaan yang bergerak dibidang permebelan
yang terdiri dari: bufet, meja dan kursi perkantoran, almari, tempat tidur dengan
berbagai model. Perabotan berupa kursi ruang tamu, kursi lipat, sofa, meja makan,
meja rias, meja kantor dan lain sebagainya. Proses pemasarannya UD. Lumintu
diketahui menggunakan Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 4P dapat dilihat
dari sistem pemasaran yang dianut selama ini yang membuat mebelnya dikenal
oleh masayarakat Jember khususnya Ambulu. Jenis penelitian ini menggunakan
deskriptif kualitatif yang mana informan utamanya yakni pimpinan sekaligus
pemilik UD. Lumintu informan pendukung yakni karyawan UD. Lumintu.
Metode pengumpulan data diperoleh dari Observasi, wawancara dan studi
pustaka. Metode analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data.
Terdapatnya persaingan pasar yang semakin ketat dan dihadapkan dengan
beberapa mebel yang menjual produk berupa barang pengganti kayu yang biasa
disebut dengan mebel jenis portable maupun almunium. Menyebabkan UD.
Lumintu senantiasa menerapkan Strategi Bauran Pemasaran yang tak lain
didalamnya terdapat produk yang dimaksud meningkatkan kualitas produknya
yakni dengan cara tetap menggunakan bahan baku kayu dalam proses
produksinya. UD. Lumintu mengolah bahan mentah menjadi barang yang siap
untuk dipasarkan.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa strategi Bauran Pemasaran yang
diterapkan oleh UD. Lumintu ialah strategi produk, harga, promosi dan saluran
distribusi. Produk yang dihasilkan UD. Lumintu adalah produk mebel yang
memperhatikan kualitas dan pengembangan produknya dari segi bentuk, jenis, dan
variasi ukirannya agar tetap menjadi ciri khas dari produk yang dihasilkan
sehingga mampu menarik minat konsumen dan mempertahankan pelanggannya.
Ciri khas yang dimiliki oleh mebel ini yakni yang tetap mempertahankan bahan
baku kayu, mengingat banyak sekali saat ini mebel yang beralih dengan bentuk
portable maupun almunium.
Harga untuk setiap pembelian produk mebelnya disesuaikan dengan
ukuran mebel, bentuk, desain dan tingkat kesulitan dalam proses produksi. Harga
jual dipertimbangkan dengan sebaik mungkin dan memberi diskon dalam
pembelian tertentu. Dalam sistem promosinya UD. Lumintu menggunakan sistem
personal selling, sales promotion, iklan dan media sosial guna memperoleh
ketertarikan dari pelanggan. Pemilik atau pimpinan perusahaan tidak pernah
mengikuti pameran karena mebel mereka sudah dikenal oleh masyarakat sekitar
bahkan terkadang pelanggan mereka menceritakan ke orang lain mengenai
kualitas dari UD. Lumintu sehingga itu merupakan bentuk promosi yang dibantu
oleh pelanggan mereka sendiri.
Saluran Distribusi pada UD. Lumintu menggunakan saluran distribusi
langsung yaitu dengan menjual ke konsumen dan tidak menggunakan perantara
atau agen. Proses penyaluran menggunakan transportasi mobil pickup dan truk
pemilik bertanggungjawab penuh hingga barang sampai ke rumah konsumen. Jika
terjadi kerusakan selama proses pendistribusian maka akan dipoles dan diperbaiki
kembali.
Keseluruhan strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh UD. Lumintu
melalui program bauran pemasarannya adalah untuk mencapai tujuan perusahaan
khususnya untuk menambah daya minat konsumen, mempertahankan pelanggan
dan meningkatkan penjualan sehingga dengan ini perusahaan memperoleh laba
atau keuntungan untuk kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Usaha
mengembangkan bisnis mebelnya UD. Lumintu membuat strategi agar pasar
sasarannya semakin dikenal luas oleh masyarakat Ambulu dan sekitarnya. | en_US |