• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Strategi Bauran Pemasaran pada UD. Lumintu Furniture Jalan Manggar No.71 Tegalsari Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Uswatun Hasanah-Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Pada UD. Lumintu Furniture Jalan Manggar No.71 Tegalsari Kabupaten Jember.pdf (3.321Mb)
    Date
    2022-01-22
    Author
    HASANAH, Uswatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    UD. Lumintu merupakan perusahaan yang bergerak dibidang permebelan yang terdiri dari: bufet, meja dan kursi perkantoran, almari, tempat tidur dengan berbagai model. Perabotan berupa kursi ruang tamu, kursi lipat, sofa, meja makan, meja rias, meja kantor dan lain sebagainya. Proses pemasarannya UD. Lumintu diketahui menggunakan Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 4P dapat dilihat dari sistem pemasaran yang dianut selama ini yang membuat mebelnya dikenal oleh masayarakat Jember khususnya Ambulu. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang mana informan utamanya yakni pimpinan sekaligus pemilik UD. Lumintu informan pendukung yakni karyawan UD. Lumintu. Metode pengumpulan data diperoleh dari Observasi, wawancara dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Terdapatnya persaingan pasar yang semakin ketat dan dihadapkan dengan beberapa mebel yang menjual produk berupa barang pengganti kayu yang biasa disebut dengan mebel jenis portable maupun almunium. Menyebabkan UD. Lumintu senantiasa menerapkan Strategi Bauran Pemasaran yang tak lain didalamnya terdapat produk yang dimaksud meningkatkan kualitas produknya yakni dengan cara tetap menggunakan bahan baku kayu dalam proses produksinya. UD. Lumintu mengolah bahan mentah menjadi barang yang siap untuk dipasarkan. Hasil Penelitian menujukkan bahwa strategi Bauran Pemasaran yang diterapkan oleh UD. Lumintu ialah strategi produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Produk yang dihasilkan UD. Lumintu adalah produk mebel yang memperhatikan kualitas dan pengembangan produknya dari segi bentuk, jenis, dan variasi ukirannya agar tetap menjadi ciri khas dari produk yang dihasilkan sehingga mampu menarik minat konsumen dan mempertahankan pelanggannya. Ciri khas yang dimiliki oleh mebel ini yakni yang tetap mempertahankan bahan baku kayu, mengingat banyak sekali saat ini mebel yang beralih dengan bentuk portable maupun almunium. Harga untuk setiap pembelian produk mebelnya disesuaikan dengan ukuran mebel, bentuk, desain dan tingkat kesulitan dalam proses produksi. Harga jual dipertimbangkan dengan sebaik mungkin dan memberi diskon dalam pembelian tertentu. Dalam sistem promosinya UD. Lumintu menggunakan sistem personal selling, sales promotion, iklan dan media sosial guna memperoleh ketertarikan dari pelanggan. Pemilik atau pimpinan perusahaan tidak pernah mengikuti pameran karena mebel mereka sudah dikenal oleh masyarakat sekitar bahkan terkadang pelanggan mereka menceritakan ke orang lain mengenai kualitas dari UD. Lumintu sehingga itu merupakan bentuk promosi yang dibantu oleh pelanggan mereka sendiri. Saluran Distribusi pada UD. Lumintu menggunakan saluran distribusi langsung yaitu dengan menjual ke konsumen dan tidak menggunakan perantara atau agen. Proses penyaluran menggunakan transportasi mobil pickup dan truk pemilik bertanggungjawab penuh hingga barang sampai ke rumah konsumen. Jika terjadi kerusakan selama proses pendistribusian maka akan dipoles dan diperbaiki kembali. Keseluruhan strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh UD. Lumintu melalui program bauran pemasarannya adalah untuk mencapai tujuan perusahaan khususnya untuk menambah daya minat konsumen, mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan sehingga dengan ini perusahaan memperoleh laba atau keuntungan untuk kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Usaha mengembangkan bisnis mebelnya UD. Lumintu membuat strategi agar pasar sasarannya semakin dikenal luas oleh masyarakat Ambulu dan sekitarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106946
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository