Show simple item record

dc.contributor.authorSOLIKAH, Maratus
dc.date.accessioned2022-05-27T08:49:33Z
dc.date.available2022-05-27T08:49:33Z
dc.date.issued2022-01-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106919
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 27 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractAbad ke-21 menghadapkan pendidikan di Indonesia pada sejumlah tantangan dan peluang yang berbeda dengan zaman sebelumnya. Untuk menjawab tantangan abad 21 diperlukan transformasi pendidikan yang dapat mendukung manusia dalam persaingan global abad 21 melalui pengembangan potensi peserta didik. Keterampilan kolaboratif menjadi keterampilan yang penting dimiliki siswa karena keterampilan ini menuntut siswa untuk saling bekerjasama dalam tim, berinteraksi, berkomunikasi, bertanya dan menyampaikan pendapat. Model pembelajaran inkuiri adalah model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran, peserta didik berproses mencari dan menemukan sendiri konsep dari hal yang dipelajari. Metode diskusi fish bowl menempatkan peserta didik untuk bebas menyampaikan pendapatnya, bekerja sama, menghargai orang lain serta mendorong peserta didik untuk berdiskusi dan menyelesaikan permasalahan melalui musyawarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri disertai metode fish bowl terhadap keterampilan kolaboratif dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini quasi experimental menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri disertai metode fish bowl sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini kelas X MIPA SMAN 1 Berbek, Nganjuk tahun ajaran 2020/2021. Hasil dari random sampling kelas X MIPA 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data keterampilan kolaboratif siswa diperoleh berdasarkan rubrik keterampilan kolaboratif dengan menggunakan 4 indikator. Hasil belajar aspek kognitif siswa diukur menggunakan soal pretest dan posttest dengan soal berbentuk pilihan ganda dan essay sebanyak 15 soal. Data hasil belajar aspek psikomotorik siswa diperoleh berdasarkan rubrik menggunakan 3 indikator. Hasil analisis terhadap data keterampilan kolaboratif siswa menunjukkan taraf signifikasi sebesar 0,000 artinya terdapat pengaruh yang signifikan, dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas ekperimen sebesar 82,2 lebih baik dibandingkan kelas kontrol sebesar 65,13. Hasil analisis data hasil belajar kognitif siswa menunjukkan taraf signifikasi sebesar 0,000 berarti terdapat pengaruh yang signifikan, didukung dengan hasil selisih rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen lebih baik yaitu 20,5 daripada kelas kontrol sebesar 16,5. Hasil analisis data hasil belajar aspek psikomotorik siswa menunjukkan taraf signifikasi sebesar 0,000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan, dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas ekperimen sebesar 80 lebih baik dibandingkan kelas kontrol sebesar 36,9. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri disertai metode fish bowl berpengaruh signifikan terhadap keterampilan kolaboratif dan hasil belajar biologi siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Suratno, M. Si Dosen Pembimbing Anggota : Ika Lia Novenda, S. Pd., M. Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMetode Fish Bowlen_US
dc.subjectKeterampilan Kolaboratifen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Inkuiri disertai Metode Fish Bowl terhadap Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record