Market Share Bank Syariah Terhadap Institusi Keuangan Syariah di Indonesia
Date
2021-03-01Author
MOH. ADENAN, Moh. Adenan
SAFITRI, Ghaluh Hermawati
YULIATI, Lilis
Metadata
Show full item recordAbstract
Perbankan syariah dalam meraih market share dihadapkan dengan persaingan yang sangat ketat, baik persaingan dengan
bank konvensional maupun antar sesama bank syariah. Market share menjadi sebuah indikator dalam menentukan
seberapa baik perbankan syariah tersebut dalam meraih pasar terhadap pesaingnya. Besarnya rasio market share yang
diraih perbankan syariah akan membawa dampak terhadap perkembangan institusi keuangan syariah di Indonesia. Untuk
itu, perbankan syariah dituntut untuk terus melakukan inovasi produk agar market share yang diraih semakin baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh jangka panjang dan jangka pendek dana investasi produk pasar modal
syariah yang berada di pasar uang serta Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap pertumbuhan market share bank syariah
dengan metode analisis Vector Error Correction Model (VECM). Hasil estimasi menunjukkan bahwa dalam jangka
panjang, sukuk korporasi, giro syariah dan tabungan syariah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap market
share perbankan syariah di Indonesia. Reksadana syariah dan deposito syariah berpengaruh negatif dan signifikan.
Sedangkan saham syariah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap market share aset perbankan syariah di
Indonesia. Di sisi lain, pada jangka pendek hanya deposito syariah yang berpengaruh positif dan signifikan. Selanjutnya
sukuk korporasi berpengaruh positif dan tidak signifikan, sedangkan saham syariah, reksa dana syariah, giro syariah dan
tabungan syariah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]