Pengaruh Employer Branding, Employee Value Proposition dan Keadilan Organisasi Terhadap Employee Engagement Karyawan PT. Telkom Indonesia, Tbk Wilayah Pasuruan
Abstract
PT. Telkom Indonesia, Tbk Wilayah Pasuruan merupakan salah satu Badan
Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang telekomunikasi. Tujuan
didirikannya Telkom adalah untuk penyelenggaraan bisnis telekomunikasi dan
informasi dalam situasi yang kompetitif tampil sebagai pemimpin dengan tetap
memelihara dan meningkatkan kekuatan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh employer branding, employee value proposition dan
keadilan organisasi terhadap employee engagement karyawan PT. Telkom
Indonesia, Tbk Wilayah Pasuruan. Variable yang digunakan dalam penelitian ini
adalah variable bebas employer branding (X1), employee value proposition (X2),
keadilan organisasi (X3) dan variable terikat employee engagement (Y).
Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan tetap PT. Telkom Indonesia,
Tbk Wilayah Pasuruan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
teknik non probability sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada
karyawan tetep PT. Telkom Indonesia, Tbk Wilayah Pasuruan yang berjumlah 58
karyawan. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier
berganda dengan alat analisis SPSS 25. Hasil uji t diperoleh X1 sebesar 3,738, X2
sebesar 1,742 dan X3 sebesar 8,638 hasil tersebut lebih besar dari t tabel yaitu 1,674
sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan Hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa variabel employer branding, employee value proposition dan
keadilan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee
engagement karyawan PT. Telkom Indonesia, Tbk Wilayah Pasuruan.