Show simple item record

dc.contributor.authorMAKNUNAH, Luk Luk Il
dc.date.accessioned2022-05-27T06:02:05Z
dc.date.available2022-05-27T06:02:05Z
dc.date.issued2022-03-18
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106902
dc.descriptionFinalisasi 27 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractIPA merupakan kumpulan teori mengenai pengetahuan, fakta-fakta, konsep, prinsip dan tumbuhnya sikap ilmiah melalui proses penemuan dalam kehidupan sehari-hari secara sistematis. Karakteristik IPA adalah materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pemahaman konsep IPA bukan hanya dihafal tetapi memahami konsep berdasarkan penemuan sendiri dengan dikaitkan pada lingkungan sekitarnya. Keberhasilan pembelajaran IPA dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti model pembelajaran dan media yang digunakan. Sedangkan pembelajaran yang terlaksana masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini menyebabkan ketergantungan siswa terhadap instruksi dari guru daripada mengkontruksi sendiri pengetahuannya. Hal tersebut dapat mempengaruhi terhadap rendahnya aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa, penerapan model dan media yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan materi IPA. Sehingga pembelajaran berlangsung dengan menyenangakan, lebih mudah tersampaikan, siswa lebih banyak melakukan aktivitas, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, yaitu dengan model problem based learning dan media flash card. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengkaji pengaruh model PBL dengan media flash card pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap aktivitas belajar siswa, dan (2) mengkaji pengaruh model PBL dengan media flash card pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Jember pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Jember, dan sampel yang dipilih adalah dua kelas, VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Terknik dan instrument pengambilan pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menjawab kedua rumusan masalah dengan menggunakan analisis rata-rata dan uji independent sample t-test berbantuan SPSS. Hasil penelitian untuk menguji hipotesis rumusan masalah yang pertama dengan meninjau pada rata-rata aktivitas belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata aktivitas kelas eksperimen sebesar 76% dengan kategori aktif, sedangkan kelas kontrol sebesar 28% dengan kategori kurang aktif, maka dapat dinyatakan bahwa model PBL dengan media flash card pada materi zat aditif dan zat adiktif berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Selanjtunya pengujian untuk rumusan masalah yang kedua dengan uji normalitas dan uji homogenitas, didapatkan bahwa data normal dan homogen. Sehingga dapat dilanjtkan dengan uji parametrik yaitu uji independent sample t-test, didapati nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat dinyatakan bahwa model PBL dengan media flash card pada materi zat aditif dan zat adiktif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan penenerapan model PBL dengan media flash card pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap aktivitas belajar siswa, dan (2) terdapat pengaruh signifikan penenerapan model PBL dengan media flash card pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Dosen Pembimbing Anggota :Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectMedia Flash Carden_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning dengan Media Flash Card pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Terhadap Aktivitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record