Pengaruh Dimensi Fraud Diamond pada Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris
mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik
mahasiswa menggunakan konsep fraud diamond, yakni tekanan, peluang,
rasionalisasi, dan kemampuan. Metode penyampelan yang digunakan pada
penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria: mahasiswa aktif Jurusan
S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, mahasiswa yang
telah menempuh mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi, dan memiliki pengalaman
pernah diawasi oleh pengawas ujian. Sumber pengumpulan data diperoleh dari
bagian Akademik Jurusan S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Jember dan dikumpulkan melalui instrumen berupa kuesioner yang disebar kepada
responden melalui media elektronik WhatsApp. Sebanyak 212 kuesioner
memenuhi syarat untuk diuji yang terdiri dari mahasiswa aktif Jurusan S1
Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember tahun angkatan 2017
dan 2018. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi
liner berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan
dan peluang berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan
akademik mahasiswa Jurusan S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Jember, sedangkan rasionalisasi dan kemampuan tidak berpengaruh.