Show simple item record

dc.contributor.authorKHUSNIATIN, Alfi
dc.date.accessioned2022-05-20T03:30:23Z
dc.date.available2022-05-20T03:30:23Z
dc.date.issued2021-05-31
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106842
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Rudi K Finalisasi unggah file repositori tanggal 20 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran matematika merupakan suatu pembelajaran yang melalui proses berpikir yang membutuhkan penalaran dan kreasi atau ide untuk memecahkan suatu permasalahan dalam matematika. Salah satu proses berpikir yang sangat dibutuhkan pembelajaran matematika yaitu kemampuan untuk berpikir kreatif melalui permasalahn yang diberikan. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir untuk memandang sesuatu dan menyelesaikan suatu masalah menggunakan sudut pandang yang berbeda atau tidak sama dengan yang lainnya (As’ari, 2019). Siswa harus memapu menemukan sesuatu yang lain yang berbeda dari yang sudah diberikan sebelumnya, tetapi pada umumnya siswa hanya menghafal rumus yang telah diberikan. Berdasarkan The Torrance Test Of Creative Thinking (TTCT), terdapat tiga indikator untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan (Silver, 1997). Siswa membutuhkan kreatifitas yang semakin tinggi dalam proses berpikir kreatif. Begitu juga dengan pembelajaran matematika sangat membutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk memecahkan permasalahan dalam matematika. Pemecahan masalah matematika merupakan proses menemukan solusi dari suatu persoalan matematika. Proses pemecahan masalah matematika dapat didukung melalui suatu pembelajaran kolaboratif. Pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa (Gunada dkk., 2019; Ningrum, 2016; Widiarta dkk., 2017).en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing I, : Dr. Hobri, S.Pd., M.Pd Pembimbing II, : Randi Pratama Murtikusuma., S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectEmotional Quotienten_US
dc.titleAnalisis Level Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Program Linier Berbasis LSLC (Lesson Study for Learning Community) ditinjau dari Emotional Quotienten_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record