• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Level Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Program Linier Berbasis LSLC (Lesson Study for Learning Community) ditinjau dari Emotional Quotient

    Thumbnail
    View/Open
    ALDI DAVID PRASETIYO - 170810301214.pdf (2.385Mb)
    Date
    2021-05-31
    Author
    KHUSNIATIN, Alfi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika merupakan suatu pembelajaran yang melalui proses berpikir yang membutuhkan penalaran dan kreasi atau ide untuk memecahkan suatu permasalahan dalam matematika. Salah satu proses berpikir yang sangat dibutuhkan pembelajaran matematika yaitu kemampuan untuk berpikir kreatif melalui permasalahn yang diberikan. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir untuk memandang sesuatu dan menyelesaikan suatu masalah menggunakan sudut pandang yang berbeda atau tidak sama dengan yang lainnya (As’ari, 2019). Siswa harus memapu menemukan sesuatu yang lain yang berbeda dari yang sudah diberikan sebelumnya, tetapi pada umumnya siswa hanya menghafal rumus yang telah diberikan. Berdasarkan The Torrance Test Of Creative Thinking (TTCT), terdapat tiga indikator untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan (Silver, 1997). Siswa membutuhkan kreatifitas yang semakin tinggi dalam proses berpikir kreatif. Begitu juga dengan pembelajaran matematika sangat membutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk memecahkan permasalahan dalam matematika. Pemecahan masalah matematika merupakan proses menemukan solusi dari suatu persoalan matematika. Proses pemecahan masalah matematika dapat didukung melalui suatu pembelajaran kolaboratif. Pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa (Gunada dkk., 2019; Ningrum, 2016; Widiarta dkk., 2017).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106842
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository