Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Leni Eka
dc.date.accessioned2022-05-19T03:55:48Z
dc.date.available2022-05-19T03:55:48Z
dc.date.issued2021-07-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106816
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Ratnasari Finalisasi unggah file repositori tanggal 19 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractMemasuki abad ke-21, bidang sains dan teknologi telah mengalami perubahan yang pesat dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Seringkali perubahan tersebut disertai dengan munculnya permasalahan-permasalahan baru baik dari segi moral, etika maupun isu-isu global yang dapat mengancam kelangsungan hidup manusia. Salah satu isu global yang saat ini dapat dirasakan dengan jelas dampaknya adalah pemanasan global, mulai dari peningkatan suhu hingga perubahan iklim yang ditandai dengan cuaca yang tidak menentu. Tetapi pemahaman mengenai konsep dasar materi pemanasan global sangat diperlukan dan ditekankan kepada siswa sejak dini, sehingga siswa dapat memiliki kesadaran untuk melakukan pencegahan dan menentukan upaya penyelesaian yang tepat guna mengatasi pemanasan global ini. Pada kenyataannya, sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan untuk dapat memahami konsep materi pemanasan global secara mandiri. Terutama di era pembelajaran daring ini yang memungkinkan belajar mandiri lebih efektif dikarenakan kemampuan setiap siswa dalam memahami materi berbeda-beda. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya inovasi media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi pemanasan global secara mandiri. Salah satu media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar mandiri adalah e-modul. E-modul dapat didukung dengan suatu model pembelajaran agar mempermudah siswa dalam proses pembelajaran, maka dipilihlah model pembelajaran creative problem solving (CPS). Model ini menekankan pada pemecahan masalah secara kreatif, sehingga sangat cocok dengan materi pemanasan global yang menuntut siswa untuk dapat menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya terhadap kehidupan, sehingga siswa dapat mengajukan gagasan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sintaks model pembelajaran creative problem solving dapat diterapkan pada tahapan-tahapan pembelajaran di e-modul. Oleh karena itu, perlu adanya suatu pengembangan yang dapat menghasilkan produk berupa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving. Penelitian pengembangan ini diterapkan pada siswa SMP kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving yang valid, praktis dan efektif untuk siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui proses validasi e-modul oleh validator ahli, angket uji coba kelompok kecil dan lapangan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. E-modul pemanasan global berbasis creative problem solving dikatakan valid karena memenuhi kriteria kevalidan dengan mendapatkan kategori “Sangat Valid”. E-modul pemanasan global berbasis creative problem solving dikatakan praktis karena keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul tersebut mendapatkan kategori “Sangat Baik”. Penggunaan e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving memenuhi kriteria keefektifan karena tes hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 84,36% dan respon siswa terhadap e-modul mendapatkan respon positif sebesar 95,48%en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si. Pembimbing Anggota : Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPemanasan Globalen_US
dc.subjectCreative Problem Solvingen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.titlePengembangan E-Modul Pemanasan Global Berbasis Creative Problem Solving Untuk Siswa SMP Kelas VIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record