• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Pemanasan Global Berbasis Creative Problem Solving Untuk Siswa SMP Kelas VII

    Thumbnail
    View/Open
    170210104043.pdf (3.045Mb)
    Date
    2021-07-09
    Author
    PUTRI, Leni Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Memasuki abad ke-21, bidang sains dan teknologi telah mengalami perubahan yang pesat dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Seringkali perubahan tersebut disertai dengan munculnya permasalahan-permasalahan baru baik dari segi moral, etika maupun isu-isu global yang dapat mengancam kelangsungan hidup manusia. Salah satu isu global yang saat ini dapat dirasakan dengan jelas dampaknya adalah pemanasan global, mulai dari peningkatan suhu hingga perubahan iklim yang ditandai dengan cuaca yang tidak menentu. Tetapi pemahaman mengenai konsep dasar materi pemanasan global sangat diperlukan dan ditekankan kepada siswa sejak dini, sehingga siswa dapat memiliki kesadaran untuk melakukan pencegahan dan menentukan upaya penyelesaian yang tepat guna mengatasi pemanasan global ini. Pada kenyataannya, sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan untuk dapat memahami konsep materi pemanasan global secara mandiri. Terutama di era pembelajaran daring ini yang memungkinkan belajar mandiri lebih efektif dikarenakan kemampuan setiap siswa dalam memahami materi berbeda-beda. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya inovasi media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi pemanasan global secara mandiri. Salah satu media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar mandiri adalah e-modul. E-modul dapat didukung dengan suatu model pembelajaran agar mempermudah siswa dalam proses pembelajaran, maka dipilihlah model pembelajaran creative problem solving (CPS). Model ini menekankan pada pemecahan masalah secara kreatif, sehingga sangat cocok dengan materi pemanasan global yang menuntut siswa untuk dapat menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya terhadap kehidupan, sehingga siswa dapat mengajukan gagasan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sintaks model pembelajaran creative problem solving dapat diterapkan pada tahapan-tahapan pembelajaran di e-modul. Oleh karena itu, perlu adanya suatu pengembangan yang dapat menghasilkan produk berupa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving. Penelitian pengembangan ini diterapkan pada siswa SMP kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving yang valid, praktis dan efektif untuk siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui proses validasi e-modul oleh validator ahli, angket uji coba kelompok kecil dan lapangan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. E-modul pemanasan global berbasis creative problem solving dikatakan valid karena memenuhi kriteria kevalidan dengan mendapatkan kategori “Sangat Valid”. E-modul pemanasan global berbasis creative problem solving dikatakan praktis karena keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul tersebut mendapatkan kategori “Sangat Baik”. Penggunaan e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving memenuhi kriteria keefektifan karena tes hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 84,36% dan respon siswa terhadap e-modul mendapatkan respon positif sebesar 95,48%
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106816
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository