Show simple item record

dc.contributor.authorNURMAWARNI, Sukma
dc.date.accessioned2022-05-19T03:53:46Z
dc.date.available2022-05-19T03:53:46Z
dc.date.issued2021-06-02
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106815
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Ratnasari Finalisasi unggah file repositori tanggal 19 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran IPA terdiri atas tiga komponen yang terdiri atas sikap ilmiah, proses ilmiah, dan produk ilmiah sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA tidak hanya berisi pengetahuan yang dihafal namun merupakan proses aktif penggunaan pikiran dalam mempelajari fenomena alam. Beragam fenomena alam mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Satu diantara fenomena IPA yang dapat kita pelajari yaitu sistem organisasi kehidupan, yang merupakan suatu perangkat kehidupan mulai dari tingkatan terkecil hingga terbesar yang terdiri atas sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme. Materi ini berisi konsep-konsep yang abstrak sehingga banyak siswa yang menganggap materi ini susah dan membosankan. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang dapat memvisualisasikan materi dan pengelolaan kelas yang menarik sehingga siswa dapat memahami dan menguasai konsep materi. Penguasaan konsep materi dapat memanfaatkan edmodo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh penggunaan edmodo dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sistem organisasi kehidupan, dan (2) mengkaji pengaruh penggunaan edmodo dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sistem organisasi kehidupan. Jenis penelitian yang digunakan yakni kuasi eksperumen dengan desain penelitian posttest only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Glenmore pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan edmodo, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan whatssapp group. Teknik analisa data untuk menjawab rumusan masalah yaitu menggunakan uji independent sample t-test dengan pengolahan data berbantuan SPSS versi 24. Hasil penelitian untuk pada hipotesis pertama diperoleh data yang berdistriusi normal, kemudian dilanjutkan dnegan uji parametrik yakni uji independent sample t-test. Setelah melakukan uji maka diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,047 atau Sig. < 0,05 sehingga H0 ditolah dan H1 diterima. Dengan demikian, maka penggunaan edmodo pada materi sistem organisasi kehidupan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya pengujian untuk rumusan masalah yang kedua dnegan uji normalitas, didapati bahwa data berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji parametrik yaitu uji independent sample t-test. Uji menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,013 atau Sig. < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan penggunaan edmodo pada materi sistem organisasi kehidupan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan bepikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh signifikan penggunaan edmodo pada materi sistem organisasi kehidupan terhadap hasil belajar siswa, (2) terdapat pengaruh signifikan penggunaan edmodo pada materi sistem organisasi kehidupan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Supeno, S.Pd., M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectEdmodoen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Edmodo dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Organisasi Kehidupanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record