Pengaruh Penggunaan Edmodo dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan
Abstract
Pembelajaran IPA terdiri atas tiga komponen yang terdiri atas sikap ilmiah,
proses ilmiah, dan produk ilmiah sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran
IPA tidak hanya berisi pengetahuan yang dihafal namun merupakan proses aktif
penggunaan pikiran dalam mempelajari fenomena alam. Beragam fenomena alam
mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Satu diantara fenomena IPA yang
dapat kita pelajari yaitu sistem organisasi kehidupan, yang merupakan suatu
perangkat kehidupan mulai dari tingkatan terkecil hingga terbesar yang terdiri atas
sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme. Materi ini berisi konsep-konsep
yang abstrak sehingga banyak siswa yang menganggap materi ini susah dan
membosankan. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang dapat
memvisualisasikan materi dan pengelolaan kelas yang menarik sehingga siswa
dapat memahami dan menguasai konsep materi. Penguasaan konsep materi dapat
memanfaatkan edmodo.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh penggunaan
edmodo dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran
sistem organisasi kehidupan, dan (2) mengkaji pengaruh penggunaan edmodo
dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran sistem organisasi kehidupan.
Jenis penelitian yang digunakan yakni kuasi eksperumen dengan desain
penelitian posttest only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Glenmore pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring.
Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan edmodo, sedangkan pada kelas
kontrol pembelajaran menggunakan whatssapp group. Teknik analisa data untuk menjawab rumusan masalah yaitu menggunakan uji independent sample t-test
dengan pengolahan data berbantuan SPSS versi 24.
Hasil penelitian untuk pada hipotesis pertama diperoleh data yang
berdistriusi normal, kemudian dilanjutkan dnegan uji parametrik yakni uji
independent sample t-test. Setelah melakukan uji maka diperoleh nilai Asymp. Sig.
(2-tailed) sebesar 0,047 atau Sig. < 0,05 sehingga H0 ditolah dan H1 diterima.
Dengan demikian, maka penggunaan edmodo pada materi sistem organisasi
kehidupan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya
pengujian untuk rumusan masalah yang kedua dnegan uji normalitas, didapati
bahwa data berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji parametrik yaitu
uji independent sample t-test. Uji menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,013
atau Sig. < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan
penggunaan edmodo pada materi sistem organisasi kehidupan berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan bepikir kritis siswa.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa :
(1) terdapat pengaruh signifikan penggunaan edmodo pada materi sistem organisasi
kehidupan terhadap hasil belajar siswa, (2) terdapat pengaruh signifikan
penggunaan edmodo pada materi sistem organisasi kehidupan terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa.