Pengaruh Pemanfaatan Video Fenomena Alam dalam Pembelajaran IPA Materi Lapisan Bumi Terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa SMP
Abstract
Keterampilan belajar yang penting dimiliki oleh siswa di abad 21 salah
satunya adalah keterampilan kreativitas. Dalam domain pendidikan sains,
kreativitas disebut dengan kreativitas ilmiah. Namun kreativitas ilmiah siswa
Indonesia masih tergolong rendah karena terbatasnya kesempatan dan dukungan
guru untuk mengembangkan bahan ajar IPA yang dirancang khusus untuk
meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Kreativitas ilmiah penting untuk
dilatihkan ketika siswa mempelajari fenomena alam, salah satunya adalah materi
lapisan bumi. Namun masih terdapat permasalahan, materi lapisan bumi
memerlukan visualisasi secara konkret karena karakteristiknya yang abstrak.
Solusi alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
adalah dengan memanfaatkan video fenomena alam. Video fenomena alam adalah
media audio-visual yang berisi tentang kejadian alam yang lazim dijumpai.