Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorRACHMAWATI, Artika
dc.date.accessioned2022-05-17T07:05:24Z
dc.date.available2022-05-17T07:05:24Z
dc.date.issued2021-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106768
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Arini Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Toko Basmalah Kabupaten Jember; Artika Rachmawati; 170810102059; 2021; 116 halaman; Program Studi Ekonomi Syariah; Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Bisnis ritel di Indonesia dari tahun ke tahun semakin mengalami pertumbuhan yang signifikan. Keperluan masyarakat, populasi yang tinggi, daya konsumsi yang semakin meningkat serta tuntutan dari konsumen dianggap faktor yang dapat membuat bisnis ritel di Indonesia dapat bertahan dan semakin berkembang. Semakin berkembangnya bisnis ritel di Indonesia dapat dilihat dari banyaknya toko-toko modern di sepanjang jalan raya, seperti Indomart dan Alfamart yang memiliki gerai di seluruh Indonesia. Untuk gerai Indomart sendiri terdapat 16.336 gerai per Januari 2019. Di tengah ketatnya persaingan bisnis ritel di Indonesia, tumbuh satu bisnis ritel lain yang mengusung konsep berbeda dengan bisnis ritel lainnya, yaitu di mana dalam bisnis ritel ini mengusung konsep Islami di dalamnya. Toko ritel kali ini merupakan toko dari pondok pesantren Sidogiri. Awalnya pondok pesantren ini hanya merintis berdirinya koperasi sebagai tempat untuk belajar kemandirian, wirausaha dan pengabdian bagi para santri. Kemudian lambat laun berkembang ke sejumlah pasar di Pasuruan. Koperasi pesantren Sidogiri ini sukses dalam membangun minimarket syariah dengan nama toko “Basmalah”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitas, kualitas pelayanan, physical evidence dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Toko Basmalah Kabupaten Jember. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 24 untuk mengetahui pengaruh antar variabel religiusitas, kualitas pelayanan, physical evidence dan lokasi Toko Basmalah terhadap keputusan pembelian konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Dimana perolehan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen yang pernah melakukan pembelian di Toko Basmalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, physical evidence dan lokasi Toko Basmalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Kabupaten Jember. Akan tetapi untuk variabel kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Basmalah Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -7,205 + 0,328 + 0,128 + 0,728 + 0,240 + e. Hasil uji t menunjukkan t hitung pada variabel religiusitas = 2,672 dengan nilai signifikansi = 0,009 < 0,05 yang artinya variabel religiusitas memiliki pengaruh positif keputusan pembelian di Toko Basmalah Kabupaten Jember. Hasil uji t menunjukkan t hitung pada variabel kualitas pelayanan = 1,240 dengan nilai signifikansi 0,217 > 0,05 yang artinya variabel kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian di Toko Basmalah di Kabupaten Jember. Hasil uji t menunjukkan t hitung pada variabel pyhsical evidence = 4,578 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel pyhsical evidece memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Toko Basmalah di Kabupaten Jember. Hasil uji t menunjukkan t hitung pada variabel lokasi = 2,717 dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05 yang artinya variabel lokasi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Toko Basmalah di Kabupaten Jember. Sedangkan pada uji F di dapat hasil bahwa variabel religiusitas, kualitas pelayanan, physical evidence dan lokasi dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan F hitung sebesar 41,925 maka dapat dikatakan bahwa secara simultan semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Toko Basmalah Kabupaten Jember.en_US
dc.description.sponsorshipDra.Anifatul Hanim, M.Si (Dosen Pembimbing) Ana Mufidah, S.E., M.M. (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectToko Basmalahen_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.subjectKabupaten Jemberen_US
dc.titleFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Toko Basmalah Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record