Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Toko Basmalah Kabupaten Jember
Abstract
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Toko Basmalah
Kabupaten Jember; Artika Rachmawati; 170810102059; 2021; 116 halaman;
Program Studi Ekonomi Syariah; Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Jember.
Bisnis ritel di Indonesia dari tahun ke tahun semakin mengalami
pertumbuhan yang signifikan. Keperluan masyarakat, populasi yang tinggi, daya
konsumsi yang semakin meningkat serta tuntutan dari konsumen dianggap faktor
yang dapat membuat bisnis ritel di Indonesia dapat bertahan dan semakin
berkembang. Semakin berkembangnya bisnis ritel di Indonesia dapat dilihat dari
banyaknya toko-toko modern di sepanjang jalan raya, seperti Indomart dan
Alfamart yang memiliki gerai di seluruh Indonesia. Untuk gerai Indomart sendiri
terdapat 16.336 gerai per Januari 2019. Di tengah ketatnya persaingan bisnis ritel
di Indonesia, tumbuh satu bisnis ritel lain yang mengusung konsep berbeda dengan
bisnis ritel lainnya, yaitu di mana dalam bisnis ritel ini mengusung konsep Islami
di dalamnya. Toko ritel kali ini merupakan toko dari pondok pesantren Sidogiri.
Awalnya pondok pesantren ini hanya merintis berdirinya koperasi sebagai tempat
untuk belajar kemandirian, wirausaha dan pengabdian bagi para santri. Kemudian
lambat laun berkembang ke sejumlah pasar di Pasuruan. Koperasi pesantren
Sidogiri ini sukses dalam membangun minimarket syariah dengan nama toko
“Basmalah”.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
religiusitas, kualitas pelayanan, physical evidence dan lokasi terhadap keputusan
pembelian di Toko Basmalah Kabupaten Jember. Teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan
SPSS 24 untuk mengetahui pengaruh antar variabel religiusitas, kualitas pelayanan,
physical evidence dan lokasi Toko Basmalah terhadap keputusan pembelian
konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Dimana perolehan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada
konsumen yang pernah melakukan pembelian di Toko Basmalah. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, physical evidence dan lokasi Toko
Basmalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen di Kabupaten Jember. Akan tetapi untuk variabel kualitas pelayanan
tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen
di Toko Basmalah Kabupaten Jember.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh persamaan
regresi linier berganda Y = -7,205 + 0,328 + 0,128 + 0,728 + 0,240 + e. Hasil uji t
menunjukkan t hitung pada variabel religiusitas = 2,672 dengan nilai signifikansi =
0,009 < 0,05 yang artinya variabel religiusitas memiliki pengaruh positif keputusan
pembelian di Toko Basmalah Kabupaten Jember. Hasil uji t menunjukkan t hitung
pada variabel kualitas pelayanan = 1,240 dengan nilai signifikansi 0,217 > 0,05
yang artinya variabel kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh terhadap
keputusan pembelian di Toko Basmalah di Kabupaten Jember. Hasil uji t
menunjukkan t hitung pada variabel pyhsical evidence = 4,578 dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel pyhsical evidece memiliki pengaruh
positif terhadap keputusan pembelian di Toko Basmalah di Kabupaten Jember.
Hasil uji t menunjukkan t hitung pada variabel lokasi = 2,717 dengan nilai
signifikansi 0,008 < 0,05 yang artinya variabel lokasi memiliki pengaruh positif
terhadap keputusan pembelian di Toko Basmalah di Kabupaten Jember. Sedangkan
pada uji F di dapat hasil bahwa variabel religiusitas, kualitas pelayanan, physical
evidence dan lokasi dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan F hitung sebesar
41,925 maka dapat dikatakan bahwa secara simultan semua variabel berpengaruh
terhadap keputusan pembelian di Toko Basmalah Kabupaten Jember.