Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Irma Novita
dc.date.accessioned2022-05-17T03:06:09Z
dc.date.available2022-05-17T03:06:09Z
dc.date.issued2022-03-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106752
dc.description.abstractKemampuan argumentasi ilmiah mampu mendukung perkembangan kemampuan siswa, selain itu juga mampu membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat saat berhadapan dengan masalah. Namun faktanya kemampuan berargumentasi siswa masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh penguasaan konsep yang dimiliki siswa masih kurang. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu melatih kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) pengaruh model pembelajaran Contextual Analysis of Science and Laboratory Problems (CANLABS) pada materi gerak dan gaya terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP; 2) peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Analysis of Science and Laboratory Problems (CANLABS) pada materi gerak dan gaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif yang menggunakan desain penelitian dengan metode quasi eksperimental (penelitian semu) tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik untuk menganalisis data menggunakan uji t dan uji N-Gain. Hasil Sig. (2-tailed) pada uji t pada kemampuan argumentasi ilmiah siswa lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hasil uji N-gain kelas eksperimen yaitu 0,37 dimana skor tersebut termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol, diperoleh N-Gain score sebesar 0,06 dimana skor tersebut termasuk dalam kategori rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran CANLABS dapat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Serta model pembelajaran CANLABS mampu meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa dalam kategori sedang.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Supeno, S.Pd., M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectKEMAMPUAN ARGUMENTASIen_US
dc.subjectCONTEXTUAL ANALYSIS OF SCIENCE AND LABORATORY PROBLEMS (CANLABS)en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Contextual Analysis of Science and Laboratory Problems (CANLABS) pada Materi Gerak dan Gaya terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record