Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telkomsel
Abstract
Industri telekomunikasi khususnya telepon seluler dengan sistem GSM
(Global System for Mobile Communication) di Indonesia semakin berkembang.
Awal mula hanya dapat melakukan komunikasi jarak jauh saja, tetapi sekarang
sudah bisa melakukan internet dengan smartphone yang dapat dibawa kemana saja.
Kemunculan internet yang dapat diperoleh dari telepon seluler sangat memudahkan
masyarakat untuk mendapatkan internet serta dapat dibawa kemana saja. Indonesia
memiliki beberapa perusahaan telekomunikasi telepon seluler seperti Telkomsel,
Indosat, Tri, XL-Axiata, Axis dan Smartfren. Salah satu yang menguasai pasar di
Indonesia dari beberapa operator tersebut adalah operator Telkomsel, Telkomsel
sendiri sudah berdiri di Indonesia sejak 26 Mei 1995.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk
dan harga terhadap keputusan pembelian produk voucher internet Telkomsel
melalui sudut pandang pelanggan voucher internet Telkomsel yang tinggal di
Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat. Penelitian
ini menggunakan explanatory research. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel yang digunakan sebanyak
126 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.
Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil dari
penelitian yang telah diuji menghasilkan bahwa kualitas produk (X1) berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) ; harga (X2) berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian (Y) ; kualitas produk (X1) dan harga (X2) secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sehingga dapat
disimpulkan bahwa kualitas produk dan harga secara simultan serta parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk voucher internet
Telkomsel di Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jawa
Barat.