Show simple item record

dc.contributor.authorSilvia Agustin
dc.date.accessioned2013-12-19T10:05:16Z
dc.date.available2013-12-19T10:05:16Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210301037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10659
dc.description.abstractAktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan pihak sekolah. Untuk itu, guru perlu mencoba menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa. Salah satu metode yang dapat meningkatkan aktivitas sekaligus pemahaman siswa adalah metode diskusi kelompok kecil dengan media word square. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sekaligus pemahaman siswa hingga mencapai standar yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu a Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas empat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X-4 di SMA Negeri Rambipuji. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dengan media word square dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa pada ranah kognitif yang berupa nilai ulangan harian pada mata pelajara n Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar siswa kelas X-4 SMA Negeri Rambipuji. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa kelas X-4 tergolong Sedang mencapai 59,87 %. Secara individu nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 75,08 yang berarti sudah memenuhi standar yang ditetapkan sekolah. Secara klasikal, nilai ulangan harian siswa juga sudah memenuhi standar yang ditetapkan sekolah mencapai 70,58%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dan mencapai kategori Aktif sebesar 65,99%, sedangkan rata-rata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 82,38 dan secara klasikal mencapai 88,23 % yang berarti seluruhnya telah mencapai standar yang ditetapkan sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301037;
dc.subjectMEDIA WORD SQUAREen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record