PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA
Abstract
Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji
masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran
tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan pihak sekolah. Untuk
itu, guru perlu mencoba menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk
meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa. Salah satu metode yang dapat
meningkatkan aktivitas sekaligus pemahaman siswa adalah metode diskusi kelompok
kecil dengan media word square. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa sekaligus pemahaman siswa hingga mencapai standar yang
ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian
ini yaitu a
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas empat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X-4 di SMA
Negeri Rambipuji. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok
kecil dengan media word square dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman
siswa pada ranah kognitif yang berupa nilai ulangan harian pada mata pelajara n
Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar siswa kelas X-4 SMA Negeri Rambipuji. Pada
siklus I, aktivitas belajar siswa kelas X-4 tergolong Sedang mencapai 59,87 %.
Secara individu nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 75,08 yang berarti sudah
memenuhi standar yang ditetapkan sekolah. Secara klasikal, nilai ulangan harian
siswa juga sudah memenuhi standar yang ditetapkan sekolah mencapai 70,58%. Pada
siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dan mencapai kategori Aktif sebesar
65,99%, sedangkan rata-rata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 82,38
dan secara klasikal mencapai 88,23 % yang berarti seluruhnya telah mencapai standar
yang ditetapkan sekolah.