Identifikasi Miskonsepsi Fisika pada Materi Momentum dan Impuls Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA
Abstract
Penguasaan konsep merupakan hal penting dalam pembelajaran. Konsepkonsep fiska yang tertanam dalam pengetahuan siswa sangat dibutuhkan dalam
pengembangan pola fikir untuk mempelajari fisika kedepannya. Miskonsepsi atau
salah konsep menunjuk pada suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian
ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidang itu. Gaya belajar
digunakan siswa sebagai cara untuk memahami sebuah konsep, mulai dari
menerima, memproses, dan menyampaikan informasi. Kondisi ini dinilai akan
mempengaruhi kesalahan pemahaman atau miskonsepsi yang terjadi pada siswa.
Karakterisitik yang dimiliki siswa mempengaruhi dalam pemahaman konsep suatu
materi. Miskonsepsi tidak dapat diketahui secara langsung karena bentuk
miskonsepsi bisa saja terjadi karena miskonsepsi atau tidak tahu konsep. Oleh
karena itu, perlu identifikasi lebih lanjut mengenai masalah ini. Identifikasi ini
mengunakan taraf keyakinan yaitu Certainty of Response Index (CRI).