Show simple item record

dc.contributor.authorELSYAMBA, Alex Ttesa
dc.contributor.authorMULYADI, Santoso
dc.contributor.authorFACHRI, Boy Arief
dc.date.accessioned2022-04-20T03:01:08Z
dc.date.available2022-04-20T03:01:08Z
dc.date.issued2019-02-02
dc.identifier.govdocNIDN#0001097406
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106477
dc.description.abstractPerkembangan teknologi pada kendaraan, terutama pada mobil listrik, meningkat dengan pesat. Mobil dirancang khusus untuk menghasilkan tingkat efisiensi yang tinggi. Kemajuan ini ditandai oleh banyak penelitian tentang efek efisiensi kendaraan, salah satunya adalah mengetahui nilai rolling resistance. Bearing adalah elemen mesin yang memengaruhi nilai rolling resistance sehingga peralatan uji rolling resistance perlu dirancang untuk memudahkan proses pengujian. Dalam penelitian ini, pengujian dilakukan dengan menggunakan single row angular contact ball bearing (7200, 7201) dan double row angular contact ball bearing (5200, 5201) yang diuji dengan variasi putaran 290 rpm, 310 rpm dan 330 rpm dan beban flywheel 200 N disesuaikan dengan karakteristik mobil yang diteliti. Hasil yang diperoleh oleh gaya rolling resistance terkecil dalam bentuk single row angular contact ball bearing (7201) dengan putaran 290 rpm diperoleh pada 0,6531 N dan gaya rolling resistance terkecil adalah tipe double row angular contact ball bearing (5200) dengan rotasi 290 rpm dari 0,7562 N..en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJ-Proteksionen_US
dc.subjectbearingen_US
dc.subjectrolling resistanceen_US
dc.subjectmobil elektriken_US
dc.titlePengaruh Tipe Single dan Double Row Angular Contact Ball Bearing Terhadap Rolling Resistanceen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record