Analisis Faktor Penerimaan Pengguna pada Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode Unified Technology of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)
Abstract
KAI Access merupakan sebuah aplikasi berbasis mobile yang dirilis oleh PT. Kereta Api Indonesia. Adapun berbagai fitur yang bisa diakses dari aplikasi ini diantaranya pemesanan tiket, melihat jadwal keberangkatan kereta api maupun ketersediaan tiket kereta api. Aplikasi KAI Access dibuat dengan tujuan agar memudahkan masyarakat dalam melakukan pembelian tiket kereta api secara online. Berdasarkan penilaian pada Google Playstore, aplikasi telah mendapatkan nilai rating yang cukup baik, namun nilai rating tidak dapat menunjukkan kekurangan apa saja yang masih dialami dalam implementasi aplikasi tersebut. Oleh karena itu, untuk mengetahui kekurangan apa saja yang masih dialami pada implementasi aplikasi KAI Access, maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap penerimaan pengguna Aplikasi KAI Access berdasarkan variabel yang terdapat pada model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Diharapkan dengan mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengarui penerimaan penggunan, maka pihak PT. KAI dapat melakukan beberapa perbaikan untuk memaksimalkan penggunaan dari berbagai fitur pada Aplikasi tersebut. Jika tidak dilakukan perbaikan ada kemungkinan minat pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut akan berkurang sehingga tujuan awal dari penggunaan aplikasi tidak tercapai dengan baik. Penelitian ini Penelitian melibatkan sejumlah 349 responden sebagai sampel dari populasi pengguna aplikasi KAI Access. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SMARTPLS. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi evaluasi bagi pihak untuk pengembangan aplikasi di masa yang akan datang guna meningkatkan penggunaan aplikasi.