Show simple item record

dc.contributor.authorMUTAMMIMAH, Ni’matul
dc.date.accessioned2022-04-13T05:08:14Z
dc.date.available2022-04-13T05:08:14Z
dc.date.issued2022-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106360
dc.description.abstractMateri yang dimuat di dalam buku tematik kelas V SD pada tema 4 Sehat Itu Penting mata pelajaran bahasa Indonesia KD 3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara verbal dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan dan 4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri. Masih kurang adanya pemanfaatan bahan ajar dalam pembelajaran daring, salah satunya yaitu LKPD. Uraian tersebut diperoleh berdasar hasil wawancara yang dilakukan kepada pendidik kelas VA yaitu ibu Dyah Purwatiningsih di SDN Pucang IV Sidoarjo. Ibu Dyah menyatakan bahwa (1) LKPD yang digunakan saat pembelajaran daring yaitu LKPD cetak, (2) LKPD cetak membebani pendidik dalam mengoreksi pekerjaan peserta didik, (3) LKPD cetak membuat peserta didik kesulitan mengerjakan saat pembelajaran daring karena harus melalui prosedur yang panjang, (4) antara KD dan implementasi materi pantun tidak sejalan. Perlu adanya LKPD yang inovatif dan mudah digunakan oleh pendidik maupun peserta didik. LKPD yang efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring yaitu LKPD berbasis IT. Oleh sebab itu dilakukan penelitian pengembangan dengan judul “Pengembangan LKPD Interaktif Materi Pantun dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz Kelas V SDN Pucang IV Sidoarjo.” Berdasarkan uraian permasalahan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana keefektifan dan hasil belajar peserta didik dari pengembangan LKPD Interaktif Materi Pantun dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz Kelas V SDN Pucang IV Sidoarjo?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dan x hasil belajar dari pengembangan LKPD Interaktif Materi Pantun dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz Kelas V SDN Pucang IV Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu oleh metode penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 9 tahapan, yakni ) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk. Tahap ke 10 yaitu produksi massal tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu penelitian. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa LKPD yang diuji coba skala kecil pada peserta didik kelas VB berjumlah 10 peserta didik. Lalu diuji coba dalam skala besar pada peserta didik kelas VA berjumlah 28 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Hasil analisis dari data validasi produk LKPD interaktif mendapat skor sebesar 87,8% atau dalam data kualitatif sangat layak. Validasi soal dalam LKPD interaktif berbantuan aplikasi quizizz mendapat skor sebesar 85,4% atau dalam data kualitatif sangat layak. Validasi materi dalam LKPD interaktif berbantuan aplikasi quizizz mendapat skor sebesar 88,4% atau dalam data kualitatif sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan LKPD interaktif berbantuan aplikasi quizizz layak untuk digunakan sebagai alat penunjang materi pembelajaran. LKPD interaktif berbantuan aplikasi quizizz mendapat respon peserta didik sebesar 90% atau kategori sangat baik, yang artinya sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD interaktif berbantuan aplikasi quizizz memperoleh skor mencapai nilai KKM sebesar 85,7% atau dalam data kualitatif sangat baik. Kesimpulan dari uraian diatas yaitu LKPD interaktif materi pantun dengan berbantuan aplikasi quizizz kelas V SDN Pucang IV Sidoarjo dinyatakan efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya guru dapat memanfaatkan bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik agar dapat menambah rasa semangat belajar. Saran bagi peneliti hendaknya dapat mengembangkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran lain. Saran bagi kepala sekolah hendaknya dapat memberi pelatihan kepada para pendidik agar memiliki keterampilan dalam bidang teknologi untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pendidikan. Saran bagi peneliti lain hendaknya penelitian ini mampu memperbaiki hal-hal yang perlu untuk diperbaiki lagi.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Hari Satrijono, M.Pd (Pembimbing I) Fitria Kurniasih, S.TP.,MA (Pembimbing II)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAplikasi Quizizzen_US
dc.subjectPengembangan LKPDen_US
dc.subjectMateri Pantunen_US
dc.titlePengembangan LKPD Interaktif Materi Pantun dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz Kelas V SDN Pucang IV Sidoarjoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record