Show simple item record

dc.contributor.authorFEBRIANTI, Intan
dc.date.accessioned2022-04-13T02:58:52Z
dc.date.available2022-04-13T02:58:52Z
dc.date.issued2022-03-31
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106357
dc.description.abstractDunia pendidikan saat ini berada pada era pendidikan 4.0. Salah satu kebutuhan substansial yang harus dimiliki oleh siswa dalam pendidikan 4.0 adalah kemampuan berpikir kritis. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yaitu melalui penggunaan buku ajar digital. Buku ajar digital yang dikembangkan harus dilandasi menggunakan pendekatan pembelajaran untuk merangsang keterampilan berpikir, salah satunya seperti pendekatan Brain-Based Learning (BBL). Media yang digunakan dalam buku ajar digital pada penelitian ini adalah story picture dan flash card. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Desain pengembangan buku ajar digital mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Tujuan penelitian ini adalah menciptakan buku ajar digital berbasis BBL pada materi sistem pencernaan yang valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rerata validasi buku sebesar 81,15 yang tergolong valid. Nilai kepraktisan dengan skor 86,33 yang termasuk sangat praktis. Keefektifan buku ajar digital yang diukur melalui rerata hasil kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 86,02 dengan kategori sangat dapat berpikir kritis dan rerata hasil belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0,47 (berpengaruh sedang).en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama: Dr. Dra. Jekti Prihatin, M.Si., MCE, CIQaR Dosen Pembimbing Anggota: Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd., MCE, CIQaRen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherIntan Febriantien_US
dc.subjectBrain-Based Learningen_US
dc.subjectStory Pictureen_US
dc.subjectFlash Carden_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.titlePengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Brain-Based Learning Menggunakan Media Story Picture disertai Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Materi Sistem Pencernaanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record