• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Brain-Based Learning Menggunakan Media Story Picture disertai Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Materi Sistem Pencernaan

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY SKRIPSI BBL_INTAN FEBRIANTI_180210103036.pdf (5.159Mb)
    Date
    2022-03-31
    Author
    FEBRIANTI, Intan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dunia pendidikan saat ini berada pada era pendidikan 4.0. Salah satu kebutuhan substansial yang harus dimiliki oleh siswa dalam pendidikan 4.0 adalah kemampuan berpikir kritis. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yaitu melalui penggunaan buku ajar digital. Buku ajar digital yang dikembangkan harus dilandasi menggunakan pendekatan pembelajaran untuk merangsang keterampilan berpikir, salah satunya seperti pendekatan Brain-Based Learning (BBL). Media yang digunakan dalam buku ajar digital pada penelitian ini adalah story picture dan flash card. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Desain pengembangan buku ajar digital mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Tujuan penelitian ini adalah menciptakan buku ajar digital berbasis BBL pada materi sistem pencernaan yang valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rerata validasi buku sebesar 81,15 yang tergolong valid. Nilai kepraktisan dengan skor 86,33 yang termasuk sangat praktis. Keefektifan buku ajar digital yang diukur melalui rerata hasil kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 86,02 dengan kategori sangat dapat berpikir kritis dan rerata hasil belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0,47 (berpengaruh sedang).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106357
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository