Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Brain-Based Learning Menggunakan Media Story Picture disertai Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Materi Sistem Pencernaan
Abstract
Dunia pendidikan saat ini berada pada era pendidikan 4.0. Salah satu kebutuhan substansial yang harus dimiliki oleh siswa dalam pendidikan 4.0 adalah kemampuan berpikir kritis. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan
hasil belajar yaitu melalui penggunaan buku ajar digital. Buku ajar digital yang dikembangkan harus dilandasi menggunakan pendekatan pembelajaran untuk merangsang keterampilan berpikir, salah satunya seperti pendekatan Brain-Based
Learning (BBL). Media yang digunakan dalam buku ajar digital pada penelitian ini adalah story picture dan flash card. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Desain pengembangan buku ajar digital
mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Tujuan penelitian ini adalah menciptakan buku ajar digital berbasis BBL pada materi sistem pencernaan yang valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rerata validasi buku sebesar 81,15 yang tergolong valid. Nilai kepraktisan dengan skor 86,33 yang termasuk sangat praktis. Keefektifan buku ajar digital yang diukur melalui rerata hasil kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 86,02 dengan kategori sangat dapat berpikir kritis dan rerata hasil belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0,47 (berpengaruh sedang).