Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Batik Gajah Oling di Gerai Ritel Umah Batik Sayu Wiwit Banyuwangi
Abstract
Salah satu jenis kerajinan yang bermula di Jawa sejak beberapa ratus tahun
yang lalu disebut Batik. Batik dibuat dengan cara menulis di atas kain dengan
mengguankaan alat seperti canting ataupun cap dan memakai bahan lilin yang
disebut rengrengan, kemudian dicelupkan ke dalam larutan yang sudah dikasih
warna. Di Indonesia terdapat banyak jenis batik. Salah satu wilayah produsen
batik di Jawa Timur yang masih berkembang hingga saat ini yaitu Kabupaten
Banyuwangi. Batik asli Banyuwangi memiliki 21 jenis motif batik yang telah
diakui nasional. Motif batik yang paling terkenal dan paling tua dari motif batik
Banyuwangi lainnya yaitu motif batik Gajah Oling. Umah Batik Sayu Wiwit
merupakan salah satu toko ritel yang menjual batik di Banyuwangi yang sudah
terkenal di kalangan masyarakat Banyuwangi, khususnya Batik Gajah Oling.
Banyaknya persaingan dengan produk sejenis membuat persaingan semakin ketat.
Maka dari itu seorang produsen harus memiliki strategi pemasaran untuk
menawarkan produknya kepada konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas
produk, harga, dan brand image terhadap keputusan pembelian Batik Gajah Oling
di Gerai Ritel Umah Batik Sayu Wiwit Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan
138 responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen yang pernah melakukan pembelian dan melakukan keputusan
pembelian pada Batik Gajah Oling di Umah Batik Sayu Wiwit. Metode analisis
data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga, dan
brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
Batik Gajah Oling di Gerai Ritel Umah Batik Sayu Wiwit Banyuwangi.