Show simple item record

dc.contributor.authorHABIBAH, Salwa Yaumil
dc.date.accessioned2022-04-07T05:35:33Z
dc.date.available2022-04-07T05:35:33Z
dc.date.issued2022-01-11
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106233
dc.description.abstractPendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama dalam kurikulum 2013 terdapat pada aturan Permendikbud Tahun 2018. Berdasarkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter atau yang sering disebut dengan PPK menyatakan bahwa gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui lima nilai karakter yang utama yakni nilai religius, gotong royong, nasionalis, mandiri dan integritas yang terintegrasi dalam kurikulum. Agar peserta didik dapat menjalankan hidup dengan baik dan berhasil dalam mencapai cita-cita, pendidik harus bisa menanamkan nilai karakter yang positif kepada peserta didik, salah satunya dengan buku teks. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Apa saja muatan Pendidikan karakter pada buku siswa kelas III berbasis K13 Tema Cuaca berdasarkan Permendikbud No 20 Tahun 2018 dan Bagaimanakah kesesuaian muatan Pendidikan karakter dengan buku siswa kelas III berbasis K13 Tema Cuaca dengan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan teknis penelitianya menggunakan penelitian analisis isi (content analysis). Langkah – langkah penelitian yang dilaksanakan adalah sebagai berikut : (1) Pengumpulan data; (2) Penyajian data; (3) Reduksi Data; dan (4) Kesimpulan. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat lima nilai karakter yang ditemukan pada buku siswa kelas III Tema Cuaca, terdapat tiga nilai karakter yang menduduki urutas teratas berdasarkan frekuensi kemunculannya yaitu nilai gotong royong, nasionalis, dan mandiri. Pada buku siswa Kelas III Tema Cuaca ini, nilai yang sering muncul adalah gotong royong, nilai pendidikan karakter gotong royong berhubungan dengan tema cuaca yang berguna dalam pencegahan bencana alam yang berkaitan dengan cuaca. Proporsi pada Tema lain juga berbeda. Setiap tema memiliki ciri khas dalam jumlah frekuensi kemunculan. Kelima nilai karakter tersebut adalah karakter-karakter yang diharapkan dapat berkembang pada siswa SD sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2018 mengenai kualifikasi kemampuan siswa SD untuk masingmasing ranah, yaitu ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Ranah sikap merupakan ranah yang berkaitan dengan nilai karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis terhadap Buku Tematik Siswa Kelas III Tema Cuaca Edisi Revisi Tahun 2018 ditemukannya nilai-nilai karakter sebanyak 71 nilai karakter. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari 4 subtema. Subtema 1 Keadaan Cuaca; Subtema 2 Perubahan Cuaca; Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia; Subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim. Adapun rincian jumlah keseluruhan setiap nilai-nilai karakter yaitu 3 nilai religius, 19 nilai nasionalis, 13 nilai mandiri, 28 nilai gotong royong dan 8 nilai integritas. Berdasarkan hasil analisis nilai-nilai karakter terdapat 5 nilai karakter PPK dan sudah sesuai dengan Permendikbud No 20 Tahun 2018. Penelitian ini diharapkan untuk guru dapat mengimplementasikan kepada peserta didik saat proses pembelajaran, untuk kepala sekolah diharapkan sebagai sumber alternatif pengembangan nilai-nilai karakter di sekolah dan Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat ditindak lanjuti dan dapat diteruskan peneliti selanjutnyaen_US
dc.description.sponsorshipChumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. (Pembimbing I) Zetti Finali, S.Pd., M.Pd (Pembimbing II)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTema Cuacaen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.titleAnalisis Kesesuaian Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Siswa Kelas III Tema Cuaca Edisi Revisi Tahun 2018en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record