Analisis Kesesuaian Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Siswa Kelas III Tema Cuaca Edisi Revisi Tahun 2018
Abstract
Pendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama dalam kurikulum
2013 terdapat pada aturan Permendikbud Tahun 2018. Berdasarkan Permendikbud
Nomor 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter atau yang sering
disebut dengan PPK menyatakan bahwa gerakan pendidikan di bawah tanggung
jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui lima
nilai karakter yang utama yakni nilai religius, gotong royong, nasionalis, mandiri
dan integritas yang terintegrasi dalam kurikulum. Agar peserta didik dapat
menjalankan hidup dengan baik dan berhasil dalam mencapai cita-cita, pendidik
harus bisa menanamkan nilai karakter yang positif kepada peserta didik, salah
satunya dengan buku teks.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, rumusan masalah dalam
penelitian ini yakni Apa saja muatan Pendidikan karakter pada buku siswa kelas
III berbasis K13 Tema Cuaca berdasarkan Permendikbud No 20 Tahun 2018 dan
Bagaimanakah kesesuaian muatan Pendidikan karakter dengan buku siswa kelas
III berbasis K13 Tema Cuaca dengan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan teknis penelitianya
menggunakan penelitian analisis isi (content analysis). Langkah – langkah
penelitian yang dilaksanakan adalah sebagai berikut : (1) Pengumpulan data; (2)
Penyajian data; (3) Reduksi Data; dan (4) Kesimpulan.
Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat lima nilai
karakter yang ditemukan pada buku siswa kelas III Tema Cuaca, terdapat tiga
nilai karakter yang menduduki urutas teratas berdasarkan frekuensi
kemunculannya yaitu nilai gotong royong, nasionalis, dan mandiri. Pada buku
siswa Kelas III Tema Cuaca ini, nilai yang sering muncul adalah gotong royong,
nilai pendidikan karakter gotong royong berhubungan dengan tema cuaca yang
berguna dalam pencegahan bencana alam yang berkaitan dengan cuaca. Proporsi
pada Tema lain juga berbeda. Setiap tema memiliki ciri khas dalam jumlah
frekuensi kemunculan. Kelima nilai karakter tersebut adalah karakter-karakter
yang diharapkan dapat berkembang pada siswa SD sesuai dengan Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
No. 20 Tahun 2018 mengenai kualifikasi kemampuan siswa SD untuk masingmasing ranah, yaitu ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Ranah sikap
merupakan ranah yang berkaitan dengan nilai karakter.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis terhadap
Buku Tematik Siswa Kelas III Tema Cuaca Edisi Revisi Tahun 2018
ditemukannya nilai-nilai karakter sebanyak 71 nilai karakter. Jumlah tersebut
merupakan akumulasi dari 4 subtema. Subtema 1 Keadaan Cuaca; Subtema 2
Perubahan Cuaca; Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan
Manusia; Subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim. Adapun rincian jumlah
keseluruhan setiap nilai-nilai karakter yaitu 3 nilai religius, 19 nilai nasionalis, 13
nilai mandiri, 28 nilai gotong royong dan 8 nilai integritas. Berdasarkan hasil
analisis nilai-nilai karakter terdapat 5 nilai karakter PPK dan sudah sesuai dengan
Permendikbud No 20 Tahun 2018.
Penelitian ini diharapkan untuk guru dapat mengimplementasikan kepada
peserta didik saat proses pembelajaran, untuk kepala sekolah diharapkan sebagai
sumber alternatif pengembangan nilai-nilai karakter di sekolah dan Bagi peneliti
selanjutnya, penelitian ini dapat ditindak lanjuti dan dapat diteruskan peneliti
selanjutnya