Show simple item record

dc.contributor.authorHANDOKO
dc.date.accessioned2013-12-19T09:09:24Z
dc.date.available2013-12-19T09:09:24Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM050210301215
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10622
dc.description.abstractProses pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah masih mengunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMP Negeri 1 Puger. Agar siswa memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran IPS (ekonomi). Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar adalah model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar pada siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Puger semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Puger semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penentuan jumlah subjek penelitian menggunakan metode populasi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Puger dalam proses pembelajaran IPS (ekonomi). Analisis keaktifan siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan dari kategori kurang aktif menjadi sangat aktif. Hal tersebut dibuktikan pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 sebesar 66,32% menjadi 80,35% pada siklus 2. Dan peningkatan hasil belajar yaitu dari siklus 1 sebesar 73,68% menjadi 84,21% pada siklus 2.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301215;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Jigsawen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record