Show simple item record

dc.contributor.authorWARDANI, Rizki Putri
dc.contributor.authorARDHYANTAMA, Vit
dc.date.accessioned2022-04-07T02:14:47Z
dc.date.available2022-04-07T02:14:47Z
dc.date.issued2021-06-28
dc.identifier.govdocKodeprodi#0210204#PendidikanGuruSekolahDasar
dc.identifier.govdocNIDN#0028109106
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106217
dc.description.abstractPembelajaran STEM merupakan hal yang baru bagi guru di Sekolah Dasar. STEM merupakan hasil pengintegrasian dari Science, Technology, Engineering, dan Mathematic. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui kesiapan yang akan dihadapi oleh guru Sekolah Dasar jika mengimplementasikan STEM di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review atau tinjauan pustaka meliputi google scholar dan scopus. Kriteria artikel yang dipilih ialah tebit tahun 2016-2021. Didapatkan 15 artikel yang susai dengan kriteria yang diinginkan dan tidak meluas dari topik. Analisis dari 15 artikel menunjukkan bahwa pembelajaran STEM bisa dilakukan di Sekolah Dasar sesuai dengan kurikulum 2103. Di Indonesia STEM sudah menjadi trend di pembelajaran saat ini, namun minimnya pengetehuan dari guru untuk menggunakan dan kurang tahunya manfaat yang didapatkan. STEM merupakan jawaban atas tantangan abad 21 yang diharapkan menguasai kemampuan 4C yaitu critical, creativity, comunication, dan, collaboration. Kurangnya pengetahuan dan banyaknya manfaat yang ada pada pembelajaran STEM di Indonesia khususnya guru Sekolah Dasar, maka diperlukan pelatihan dan bimbingan kepada guru Sekolah Dasar agar bisa mengaplikasikan pembelajaran di Sekolah Dasar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Penelitian Pendidikanen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.subjectSekolah Dasaren_US
dc.subjectKemampuan 4Cen_US
dc.titleKajian Literature: STEM dalam Pembelajaran Sekolah Dasaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record