dc.contributor.author | WARDANI, Rizki Putri | |
dc.contributor.author | FITRIYAH, Chumi Zahroul | |
dc.contributor.author | PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu | |
dc.date.accessioned | 2022-04-07T02:03:18Z | |
dc.date.available | 2022-04-07T02:03:18Z | |
dc.date.issued | 2021-12-10 | |
dc.identifier.govdoc | Kodeprodi#0210204#PendidikanGuruSekolahDasar | |
dc.identifier.govdoc | NIDN#0028109106 | |
dc.identifier.govdoc | NIDN#0015097705 | |
dc.identifier.govdoc | NIDN#0720098802 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106215 | |
dc.description.abstract | Penelitian yang berjudul melatih keterampilan berpikir kritis, dan kreatif memiliki tujuan untuk mengembangakan perangkat pembelajaran melalui pendekatan saintifik yang praktis, efektif, dan valid. Model 4-D digunakan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Subyek dalam penelitian ini yakni perangkat pembelajaran yang diuji cobakan kepada siswa Kelas V SD. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan presentase sebesar 87% yang berati perangkat yang dikembangkan valid. Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dengan persentase 87%. Aktivitas terlaksana dengan baik melalui pendekatan saintifik. Tes soal keterampilan berpikir kritis, dan berpikir kreatif mendapatkan skor ≥75. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa perangkata pembelajaran untuk melatih berpikir kritis dan kreatif melalui pendekatan saintifik dikatakan praktis, efektif, dan valid. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | ALPEN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR | en_US |
dc.subject | pendekatan saintifik | en_US |
dc.subject | keterampilan berpikir kritis | en_US |
dc.subject | keterampilan berpikir kreatif | en_US |
dc.title | Melatih Keterampilan Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Saintifik | en_US |
dc.type | Article | en_US |